3 Faktor Dan 5 Tips Untuk Meningkatkan Otoritas Domain

Google menganalisa kurang lebih 150 faktor untuk menyimpulkan Otoritas Domain atau Domain Authority (DA) satu blog atau website. Dari 150 faktor yang menjadi tolak ukur komunitas SEOmoz itu, mustahil sanggup dioptimalkan seluruhnya.

(Baca: Mengenal Fungsi Domain Authority dan Page Authority)

Kaprikornus kami hanya akan fokus pada tiga faktor penting yang menghipnotis sebagian besar faktor-faktor lain dalam indeks Authority Domain. Jika tiga faktor ini dimaksimalkan, faktor-faktor lainnya akan ikut mendukung. Apa saja ketiga faktor itu?

1. Usia Domain
Faktor ini paling gampang dipahami. Yah, usia domain berarti domain yang Anda punya telah aktif semenjak dari tanggal diinisialisasi ke waktu ketika ini. Usia domain yang lebih lama, akan mendapat poin yang lebih tinggi di mesin pencari.

Ada “mitos” yang menyebut kalau sebuah website dengan domain berusia lebih dari 5 tahun, tidak akan menjalani “karantina” oleh Google (karantina arinya terkena Google Sandbox atau hilang sementara dari mesin pencarian dengan beberapa alasan).

Namun, mitos tersebut belum ada klarifikasi pastinya. Tapi satu yang pasti, semakin bau tanah domain, maka dampak konkret kepada Otoritas Domain akan semakin besar.

2. Popularitas Domain
Memahami faktor ini juga sederhana. Penjelasan singkatnya yakni lebih banyak backlink maka tingkat popularitas domain kita juga tinggi. Namun, membangun backlink bukanlah masalah mudah. Olehnya itu sebelum membangun backlink, mulailah memperbaiki konten.

Jika blog Anda mempunyai konten yang bermanfaat dan banyak orang-orang membacanya, maka kemungkinan besar mereka akan memperkenalkannya pada situs-situs lain, blog atau jejaring sosial mereka. Kaprikornus domain Anda akan menjadi terkenal dengan banyak orang tanpa susah-susah.

Membangun backlink juga dilarang dilakukan serampangan. Jangan hingga banyak backlink namun hanya spam semata. Jangan dikira Google tidak sanggup membedakan mana backlink spam dan mana yang alami.

Baca Juga  Mendapatkan Kupon Iklan Gratis Di Google Adwords

Karena yang akan menjadi faktor utama dalam kepopuleran domain ini hanyalah backlink yang alami. Jika Anda berlebihan backlink, cepat atau lambat, Anda juga akan mendapat masalah. Kaprikornus usahakan itu tercipta secara alami, bukan spam.

3. Ukuran Domain
Ukuran berarti jumlah halaman yang diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya. Semakin banyak jumlah halaman yang diindeks maka semakin tinggi Otoritas Domain tersebut. Itu artinya, website atau blog harus mempunyai jumlah postingan yang banyak.

Unsur lain, jikalau Anda mempunyai banyak link yang menunjuk ke situs Anda (inbound link), maka itu baik untuk ukuran domain. Tetapi untuk mempunyai lebih banyak inbound link dan halaman yang diindeks, Anda harus membuat konten yang menarik, berkualitas dan beragam.

5 Tips untuk Meningkatkan Otoritas Domain

Hampir semua blogger akan merasa berat jikalau harus membangun backlink. Pekerjaan ini cukup membosankan apalagi jikalau harus dilakukan berulang kali. Namun, apa daya, mau tak mau hal ini harus dilakukan utamanya membuat backlink yang berkualitas.

(Baca Juga: 10 Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google)

Berikut beberapa cara yang paling kondusif yang sanggup dilakukan untuk meningkat Otoritas Domain.

1. Menjadi Penulis Tamu
Tips ini mengedepankan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Istilah kerennya, kita hidup dan mengakibatkan blog orang lain layaknya rumah sendiri. Langkah awal yang harus dilakukan yakni menemukan blog yang cocok.

Ada aneka macam blogger yang membutuhkan penulis tamu untuk mengisi kontennya. Selain blog, beberapa situs besar juga menyediakan space kepada blogger lain untuk menjadi penulis. Sebutsaja jalantikus.com, techinasia.com, kompasiana.com dan lain-lain.

Setelah menemukan blog yang cocok untuk menulis, selanjutnya minta izin kepada pengelola blog untuk mengisi konten. Sebagai imbalannya, mereka harus memungkinkan Anda untuk memasukkan backlink dofollow menunjuk ke situs Anda sendiri, jadi sama-sama untung.

Baca Juga  Mengenal Search Engine Marketing (Sem)

2. Menggunakan Social Bookmarking
Sosial bookmarking disini bukan lagi situs tertentu yang harus digunakan. Namun lebih membuat sosial bookmarking sendiri. Salah satunya dengan membuat lebih banyak blog dan situs di Blogspot, WordPress dan Tumblr.

Jika punya waktu yang banyak, langkah ini sanggup dilakukan. Usahakan membuat lebih banyak blog dengan goresan pena yang bermanfaat namun merujuk ke situs atau blog utama Anda. Jika dilakukan dengan baik, Anda akan lihat balasannya dalam waktu dekat.

Jangan lupa pula untuk memakai sosial media menyerupai Facebook, Twitter dan Google +. Keuntungannya lebih banyak dari apa yang Anda bayangkan. Coba saja.

3. Bergabung dan Aktif di Forum
Cara ini sudah terlalu populer. Anda sisa bergabung dengan satu lembaga yang Anda sukai dan aktif bersosialisasi disana. Usahakan cari lembaga yang memungkinkan memasukkan link kedalam postingan.

Ada banyak skali lembaga yang sanggup diikuti. Jika normal, setiap diskusi yang terjadi akan memberi satu link kesitus Anda. Kaprikornus usahakan buat postingan yang menarik di lembaga tersebut. Sekali lagi, jangan buat spam.

4. Membangun Internal Link Yang Baik
Banyak yang bertanya, mengapa Otoritas Domain yang utamanya dipengaruhi oleh faktor eksternal tetap membutuhkan internal link. Itu karena, faktor ini sangat relevan jikalau ditelaah lebih jauh.

Kita tau kalau internal link itu sangat besar lengan berkuasa pada Otoritas Halaman atau Page Authority (PA). Otoritas Halaman dipengaruhi oleh tiga elemen, yakni internal link, jumlah backlink dan kepadatan kata kunci. Kaprikornus tetap besar lengan berkuasa pada Otoritas Domain.

Memperbaiki internal link akan besar lengan berkuasa besar pada Otoritas Halaman, bukan pada backlink. Namun jikalau internal link baik akan besar lengan berkuasa besar pada kewenangan domain. Inilah yang menambah tinggi Otoritas Domain.

Baca Juga  Belanja Pakai Voucer Sanggup Mampu Cashback Di Shopback

Kalau ada pertanyaan, bagaimana membangun internal link yang baik, jawabannya yakni dengan mengaitkan satu artikel dengan artikel lainnya. Kalau Blogooblok, mengutamakan internal link dengan artikel yang terkait dan minimal 3 link dalam satu postingan.

5. Memperbaharui Konten Secara Teratur
Ini mungkin kesimpulan formal, tetapi sebagai pengalaman langsung saya, beberapa blogger terkenal tidak punya waktu untuk membangun backlink (off-page SEO) sehingga mereka hanya fokus untuk SEO on-page dan terus mengupdate situs web mereka secara teratur.

Langkah ini juga penting alasannya yakni Otoritas Domain akan terbentuk dengan sendirinya, apalagi kalau update blognya berisi konten yang berkualitas. Jika tidak sanggup setiap hari, buatlah sekali seminggu atau sebulan. Setidaknya aktif diperbaharui.

Jika sanggup memakai cara yang alami mengapa harus memakai cara yang salah. Ada banyak blogger yang merasa kesusahan membuatkan blog alasannya yakni berpikir ingin besar dalam waktu cepat. Padahal, segala sesuatu itu perlu usaha dan usaha.

(Baca Juga: Cara Paling Jitu Meningkatkan Alexa Rank)

Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

Posted in: