6 Tips Ampuh Meningkatkan Viewers Youtube

Viewers Youtube yaitu kunci suksesnya seorang Youtubers mendulang dollar. Semakin tinggi viewers satu video maka semakin besar pula kesempatan mendapat hasil yang maksimal.

Namun, masalah meningkatkan viewers atau penonton Youtube bukanlah masalah mudah. Itulah sebabnya, banyak yang memakai cara-cara tak sehat untuk meningkatkan penonton Youtubenya. Padahal ada cara alami yang sanggup ditempuh.

(Baca: Cara Alami Meningkatkan Viewers Youtube)

Dalam goresan pena diatas, dibahas tiga hal yang menjadi kunci utama dalam meningkatkan penonton video di Youtube. Ketiga cara itu kalau dimaksimalkan akan berdampak sangat besar.

Selain itu, masih ada 6 tips yang sanggup dipakai pula untuk meningkatkan viewers Youtube kita.

1. Buat Video Yang SEO-friendly
Sama halnya postingan blog, SEO (search engine optimization) untuk video Youtube juga perlu dilakukan. Semakin manis contoh SEO yang diterapkan, maka semakin besar peluang video Anda muncul dipencarian Youtube.

Untuk SEO video yang perlu diperhatikan yaitu judul dan tags. Buatlah judul video yang gampang diingat dan SEO-friendly. Jika video Anda merupakan video serial bersambung, cantumkan judul seri, judul episode dan nomor serinya sekaligus pada judul video.

Kita juga harus mempertimbangkan kesalahan yang mungkin muncul di pencarian. Seperti “Cara Memasang Iklan Google Adsense di Youtube”. Bisa saja ada yang mencari dengan kata-kata “Cara Menghasilkan Uang di Youtube” dan lain sebagainya.

Pastikan Anda menuliskan kemungkinan-kemungkinan ini pada tags keyword video Anda.

Kedua, manfaatkan kotak deskripsi dengan sebaik-baiknya. Artinya, beri warta sebanyak-banyak pada penggalan deskripsi perihal video Anda. Tulis semuanya, orang-orang yang terlibat, lokasi pengambilan gambar, dan sebagainya. Cantumkan banyak link yang relevan terhadap video tersebut.

Semakin banyak warta ‘di bawah’ video Anda, maka semakin baik dan semakin besar peluang video Anda muncul dalam pencarian.

Baca Juga  Cara Memutar Film Gila Dengan Menampilkan Subtitle Di Hp Android


(Baca Juga: 4 Tips Keren Menggunakan Youtube di Tablet PC)

2. Buatlah Video Yang Menarik Orang Untuk Komentar
Ini memang bukan masalah mudah, tapi sanggup dilakukan kalau memang berniat. Saat mengajak orang untuk berkomentar jangan terlalu kelihatan, buatlah itu secara eksplisit. Karena dengan cara begitu, malah banyak yang tertarik.

Begitu juga permintaan untuk menyukai video Anda. Hal ini penting sekali. Karena setiap video yang dilike akan muncul di newsfeed orang tersebut. Itu artinya, kita akan sanggup promosi gratis!

Jika memungkinkan, berikan pertanyaan ringan (juga menghibur) yang mana menciptakan orang tertarik untuk menjawabnya lewat kolom komentar. Atau Anda sanggup secara kreatif menciptakan bumper di setiap selesai video Anda, yang berisi permintaan untuk me-like dan memberi komentar.

Jika dilakukan dengan cukup kreatif dan menyenangkan, Anda akan mendapat berbagai komentar dan like, yang sangat bermanfaat menambah luas audiens Anda.

Komentar dalam satu video Youtube sangat penting lantaran akan mendorong video kita dilihat banyak orang. Keterkaitan antara komentar Youtube dengan Google + yaitu kunci utamanya. Makara buatlah video Anda dikerumuni komentar.

3. Buat Thumbnail yang Menarik
Thumbnail ini memang punya tugas penting dalam setiap video. Semakin menarik thumnail satu video maka semakin besar kemungkinan ia ditonton. Maka untuk menarik lebih banyak penonton, buatlah thumnail sendiri.

Itu maksudnya, lantaran Youtube akan secara otomatis memberi kita tiga thumnail setiap upload video. Alangkah baiknya, kalau thumnail itu dibentuk khusus demi menarik minat banyak orang.

Anda sanggup mengambil satu frame dari video Anda yang paling menarik dan paling manis dari aplikasi video editing yang Anda gunakan. Setelah itu, edit dengan photoshop. Atur kontras, saturasi warna, dan lainnya biar image tampil sebagus mungkin.

Baca Juga  Cara Menciptakan Goresan Pena Metalik Keren Di Photoshop

Setelah itu upload sebagai thumbnail video yang gres saja Anda upload sebelumnya. Semakin menarik thumnailnya makan semakin besar peluang untuk ditontonnya.

4. Buatlah Playlist
Membuat sebuah daftar putar (playlist) yaitu sebuah cara yang sangat manis untuk memilah-milah jenis video yang berbeda pada satu channel.

Selain itu, juga secara signifikan sanggup menambah view video. Karena kalau ada orang mengklik playlist Anda, maka sesudah selesai satu video diputar, akan dilanjutkan dengan memutar video berikutnya.

5. Manfaatkan Anotasi (Annotation)
Yang satu ini banyak yang tidak memanfaatkannya. Padahal dengan memanfatkan anotasi kita sanggup mengajak lebih banyak orang untuk menyukai video yang kita buat. Anda sanggup mengarahkan pemirsa ke salah satu playlist Anda dan sebagianya.

Anotasi sanggup menjadi sumber trafik yang sangat manis kalau dimaksimalkan. Selain anotasi, Cards juga perlu dan semua ini akan menambah jumlah viewers video kita.

(Baca Juga: Cara Mengaktifkan Akun Youtube dan Upload Video)

6. Buat Home Channel Yang Menarik
Percaya-tidak percaya, home channel juga punya andil besar dalam meningkatkan jumlah penonton di Youtube. Channel Youtube dengan gambar home yang menarik, cenderung punya banyak subscibe dan penontonnya banyak-banyak.

Kenapa sanggup begitu. Karena channel yang serius digarap salah satu penilaiannya yaitu home yang menarik. Orang akan gampang percaya kepada home channel yang keren ketimbang yang tidak.

Makara buatlah sebuah image yang menarik dan pasang sebagai cover channel Anda. Kalau sanggup ganti secara bersiklus dan cantumkan warta perihal ‘pentingnya’ video terbaru Anda.

Akan lebih baik lagi kalau Anda mencantumkan permintaan untuk berkomentar dan menyukai video-video Anda. Intinya, manfaatkan halaman homepage ini sebagai gerbang pertama yang menarik minat pemirsa atau audiens Anda.

Baca Juga  Mengenal Search Engine Marketing (Sem)

Cukup 6 tips diatas yang Anda maksimalkan di channel Youtube Anda. Jika semua dilakukan dengan baik, maka balasannya akan sengat memuaskan. Peluang mendapat penghasilan besar tidak hanya sebatas mimpi.

Selamat Mencoba dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

Posted in: