Apa Itu Feedburner Dan Bagaimana Membuatnya?

Dikalangan blogger, FeedBurner niscaya sudah tidak aneh lagi. Layanan gratis dari Google ini punya banyak kegunaan baik untuk meningkatkan trafik khususnya pembaca tetap ataupun untuk mengoptimalkan iklan, utamanya Google Adsense. (Baca Cara Mendaftar Google Adsense dari Blogspot).

Namun tak sanggup dipungkiri, sampai dikala ini masih banyak juga blogger yang belum mengetahui Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya?. Dalam kesempatan ini kita akan membahas FeedBurner, pembahasan akan kita bagi dalam dua bagian.

Apa Itu RSS FeedBurner?

Pertama-tama kita kenali dulu, Apa Itu RSS? RSS (Really Simple Syndication) berarti alat yang akan mengambil konten terbaru dari situs Anda, jikalau tertarik dan menarik mereka ke pembaca feed Anda di mana Anda sanggup membaca semuanya dalam satu lokasi daripada mengunjungi setiap situs secara terpisah.

Sementara klarifikasi resmi FeedBurner ialah sebuah web-based tools yang memperlihatkan kita akomodasi untuk mempromosikan dan memanage blog secara utuh. FeedBurner didirikan pada 2004 silam. Awalnya merupakan layanan tersendiri, namun kesannya diakusisi oleh Google khusus buat pengguna blogger.

Jika merujuk pada klarifikasi Wikipedia, FeedBurner merupakan layanan administrasi umpan web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan podcaster serta aplikasi publikasi lain yang berbasis web.

Layanan ini menyediakan analisis kemudian lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang sanggup dipilih.

FeedBurner sendiri mempunyai banyak fitur, contohnya pengecekan statistik meningkatkan secara optimal feed. Banyak blogger yang bertanya, untuk apa memakai FeedBurner? Apa untungnya dan sebagainya. Apalagi blogspot secara defult-kan mempunyai layanan feed tersendiri.

Alasan mengapa memakai FeedBurner alasannya ialah pengguna akan diberi akomodasi mempublikasikan konten supaya orang lain lebih gampang untuk melaksanakan subscribe dan pendistribusian feed lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.

Baca Juga  Membuat Dan Memasang Google Groups Di Blogspot

Pengguna FeedBurner juga sanggup menganalisis traffic yang berlangganan feed, menyerupai melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai. Layanan lain dari FeedBurner akan kita bahas dipenjabaran lain lengkap dengan cara mengoptimalkannya.

Bagaimana Membuat FeedBurner?

Sebenarnya, dikala pertama kali kita membut blog (Baca Cara Praktis Membuat Blog dari Awal) Feed telah aktif otomatis. Setiap blogspot mempunyai struktur feed menyerupai ini http:// nama-blog-Anda.blogspot.com/feeds/post/default?alt=rss.

Namun feed defult blogspot ini tidak memberi kita keleluasaan melaksanakan optimalisasi. Olehnya itu, perlu menciptakan atau mendaftarkan blog di FeedBurner, caranya sebagai berikut.

  • Pertama-tama buka link ini feedburner.google.com, kemudian login memakai email Gmail Anda, khususnya yang Anda pakai diakun blogspot. 
  • Setelah login, pada kotak isian dibawah goresan pena Burn a feed right this instant. Isikan blog yang Anda ingin daftarkan, kemudian klik Next. 
  • Pada “Identify Feed Source“, Pilih source/sumber feed sesuai yang Anda inginkan, dan klik Next. 
  • Pada halaman “Welcome! Let us burn a feed for you.” tentukan judul dan alamat FeedBurner (URI) dari feed gres Anda dan kemudian klik Next. Jika Anda hanya punya satu blog, pilihan akan secara otomatis, namun jikalau lebih dari satu, pilih blog mana yang akan Anda daftarkan. 
  • Halaman selanjutnya “Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little?” eksklusif saja klik Next, ini hanya isu ucapan selamat, begitu juga pada halaman setelahnya “Configure Your Podcast and Tell iTunes How To List It” 
  • Pada halaman selanjutnya, Analyze Traffic atau “Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics.” pilih Clickthroughs dan I want more! kemudian klik Next.
  • Anda akan mendapat halaman dengan pesan You have successfully updated the feed “Nama Blog Anda”. Berarti Anda telah berhasil memperbarui feed blog Anda. Selesai!
Baca Juga  Mengenal Search Engine Marketing (Sem)

Kini Anda telah berhasil mendaftarkan blog ke FeedBurner, jikalau ingin melihat alamat FeedBurner Anda ketiksaja URL menyerupai ini http://feeds.feedburner.com/blogoooblok (Ganti blogoooblok dengan nama FeedBurner yang Anda daftarkan tadi). Praktis bukan.

Selanjutnya, kita akan membahas cara mengoptimalisasi FeedBurner.

Namun tidak ada salahnya jikalau Anda memakai layanan FeedBurner untuk berlanggaran artikel di blog ini. Silahkan isikan alamat email Anda pada kotak subscribe di sidebar. Insya Allah, bloGoooblok akan menyediakan artikel original dan bermanfaat, alasannya ialah itulah nyawa blog ini. Terima kasih!

Posted in: