Cara Belanja Online Di Hari Belanja Online Nasional

Pelaku e-commerce Indonesia sudah empat tahun menggelar Hari Belanja Online Nasional. Selama perayaan tersebut ada banyak sekali diskon yang diberikan oleh masing-masing e-commerce untuk menarik minat pembeli semoga berbelanja di tempatnya.

Hari Belanja Online Nasional atau dikenal juga dengan sebutan Harbolnas rutin digelar setiap tanggal 10 hingga tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Pada perayaan pertamanya di 2012, hanya ada 7 e-commerce yang ikut ambil bagian. Tahun 2015 ini jumlahnya naik hingga 140 e-commerce dengan banyak sekali penawaran diskon yang diberikan.

Tidak sedikit e-commerce yang menunjukkan diskon hingga 90 persen. Pertanyaannya, apakah diskon hingga 90 persen itu betul adanya atau hanya kata-kata pemasaran saja. Nyatanya, tidak semua produk sanggup dibeli dengan diskon hingga 90 persen.

(Baca Juga: 15 Alasan Mengapa Harus Membeli Asus X550ZE)

Tapi jangan berpikir juga diskon 90 persen itu bohong belaka. Karena di beberapa e-commerce yang menjanjikan hal ini, betul mengatakan diskon hingga 90 persen. Tapi, itu tidak berlaku secara umum. Hanya orang-orang tertentu saja yang sanggup mencicipi belanja hingga diskon 90 persen tersebut.

Untuk belanja di Harbolnas ada cara dan trik tertentu yang harus digunakan semoga sanggup menerima banyak manfaat. Namun, sebelum belanja di Harbolnas, ada baiknya Anda melaksanakan beberapa langkah berikut semoga kondusif dan belanja online Anda nyaman.

6 Cara Aman Belanja Online di Internet

1. Cek Situs e-Commerce Bersangkutan
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berbelanja online ialah mengecek keamanan situs bersangkutan. Hal ini untuk menghindari kebocoran informasi pribadi Anda di internet. Salah satu cara untuk mengecek apakah situs tersebut kondusif yakni dengan mengamati  icon gembok kecil di pojok kanan URL bar.

Anda juga sanggup memastikan keamanan sebuah situs dari komplemen abjad “s” pada alamat URL. Sebuah situs yang kondusif akan diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure), sementara laman yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan http://.

2. Teliti Sebelum Membeli
Dengan banyaknya situs e-commerce di Indonesia, pembeli kadang tidak sanggup membedakan. Olehnya itu, sebelum membeli sesuatu pada situs bersangkutan, kita harus mengecek latar belakang situs tersebut.

E-commerce terpercaya selalu melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang sanggup dihubungi. Anda sanggup menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keasliannya, kemudian tanyakan kepada mereka ihwal cara toko online melayani komplain maupun pengembalian barang.

Baca Juga  Saatnya Jadi Pahlawan Dengan Youtube Heroes

3. Gunakan Alat Transaksi Yang Aman
Belanja online selalu menyajikan cara pembayaran yang beragam. Salah satu cara paling kondusif dalam belanja online ialah Cash On Delivery (COD) alias bayar ditempat. Jika pilihan ini memungkinkan transaksi Anda, maka gunakan COD.

Hindari penggunaan kartu debit dalam setiap pembayaran Anda. Ini sebab pembayaran melalui debit akan mengambil uang eksklusif dari rekening Anda. Jika hal ini bocor, sanggup jadi keuangan Anda akan kacau balau. Jika tidak punya kartu kredit lebih baik memakai rekening bersama atau pembayaran via transfer.

(Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Harus Belanja di MatahariMall.com)

4. Jangan Bocorkan Banyak Informasi
E-commerce terpercaya hanya akan menanyakan hal-hal yang penting sekaitan dengan transaksi. Jika ada pertanyaan diluar tersebut, jangan sekali-kali mengatakan banyak informasi. Misalnya, e-commerce tersebut meminta data penghasilan dan sebagainya. Jangan sekali-kali membangikannya.

Beberapa e-commerce memang mempunyai niat yang jahat dalam melaksanakan phising. Sebagai pengguna, jikalau menemukan hal ibarat ini, eksklusif saja tinggalkan toko online bersangkutan.

5. Jaga Kerahasian Akun Anda
Biasanya, ketika belanja online, situs bersangkutan mengharuskan kita semoga menciptakan username dan pasword. Buatlah, pasword yang tidak gampang diingat oleh orang lain dan jaga kerahasiaanya. Jangan hingga disalah gunakan oleh pihak lain.

6. Simpan Semua Bukti Transaksi
E-commerce terpercaya selalu mengatakan konfirmasi atas proses belanja yang kita lakukan. Mulai dari proses pemesanan hingga pembayaran, mereka akan memberitahukan kita melalui email. Begitu pula ketika barang telah datang ditangan.

Data-data yang diberikan juga berisi metode pengembalian barang. Simpanlah semua data-data tersebut baik yang berbentuk elektronik maupun fisik. Ini sanggup digunakan sewaktu-waktu jikalau saja melaksanakan komplain.

Cara kondusif belanja diatas untuk menjaga setiap user di internet kondusif melaksanakan pembelanjaan. Cara tersebut juga sekaligus mencegah semakin tingginya kejahatan internet yang masih cukup tinggi di Indonesia.

(Baca Juga: Inilah 10 Brand Paling Populer di Indonesia Sepanjang 2015)

Nah, jikalau sudah tahu cara belanja online yang kondusif dan sudah memilih toko online yang akan digunakan berbelanja. Selanjutnya mari berburu barang-barang keren di Harbolnas. Berikut beberapa tips Blogooblok berikan untuk belanja online di Hari Belanja Online Nasional semoga sanggup banyak manfaat :

Baca Juga  20 Hal Yang Dirasakan Full Time Blogger

1. Tentukan Barang Yang Handak Dibeli
Pada Harbolnas ada banyak sekali barang yang didiskon oleh e-commerce. Saking banyaknya, kadang hasrat untuk membeli semua muncul. Tapi, Anda harus menetapkan pilihan untuk barang-barang yang diharapkan saja. Karena jikalau tergoda oleh hasrat, sanggup jadi kita melarat mendadak.

2. Bandingkan Harga Akhirnya
Setelah memilih barang yang hendak dibeli. Ada baiknya mengusut harga yang ditawarkan oleh satu e-commerce dengan yang lainnya. Ini untuk mencari harga simpulan paling murah. Kadang kala, disatu e-commerce harga awalnya sangat murah dibanding yang lainnya, namun ketika harga alhasil keluar, harganya jauh lebih mahal.

Sebagai contoh, Blogooblok akan membeli Lenovo Ideapad 100-14IBY. Setelah mengecek, maka dihasilkan harga Lenovo Ideapad 100-14IBY di tiga toko online sangat berbeda. Lazada menunjukkan Rp2.939.000, MatahariMall dengan harga Rp3.025.000 dan Blibli seharga Rp2.999.000.

Namun harga diatas hanya harga awal, belum termasuk ongkos kirim dan diskon yang sanggup didapatkan. Dan berikut ialah hasil simpulan harga yang harus dibayar kepada e-commerce.

Blibli

Lazada

MatahariMall

Bisa dilihat, kalau Lazada dengan harga awal paling murah, alhasil harus membayar Rp2.841.400 sesudah menerima potongan harga Rp200.000. Sedangkan Blibli hanya berkurang Rp50.000 menjadi Rp2.949.000.

Sementara MatahariMall dengan harga awal paling mahal, hanya membayar Rp2.775.000. Itu sesudah dipotong diskon sebesar Rp250.000. Jadi, salah satu kunci belanja irit di Harbolnas ialah dengan berburu voucer diskon.

Kondisi diatas saya menempatkan diri sebagai pembeli dari Makassar. Pada dasarnya, Lazada sanggup saja lebih murah andai ongkos kirimnya gratis. Nyatanya, mereka mengenakan ongkos kirim sebesar Rp102.000 kepada barang yang saya beli. Sedangkan Blibli dan MatahariMall gratis ongkos kirim.

Dengan melaksanakan langkah-langkah diatas, kita akan dengan gampang menjatuhkan pilihan ditempat mana akan membeli barang. Ingat, satu benda dengan benda lainnya berbeda. Bisa saja dalam kasus diatas, harga simpulan paling murah di MatahariMall. Namun, tidak menutup kemungkinan, dengan barang lain Lazada atau Blibli atau e-commerce lainnya lebih murah.

(Baca Juga: Ini Penghasilan 15 Media Online Terbesar di Indonesia)

Baca Juga  Ulasan Hosting24 Yang Turut Meramaikan Web Hosting Indonesia

3. Berburu Kode Voucer
Banyak yang terkecoh dengan Harbolnas. Ada yang beranggapan, Harbolnas akan menyajikan semua barang dengan harga super murah. Kenyataannya, harga yang tertera tidak jauh berbeda dengan harga normal. Yang membedakan ialah voucer diskon yang banyak.

Jadi, pada Harbolnas, sebaiknya berburu voucer diskon pada masing-masing e-commerce. Salah satu caranya dengan berlangganan newslater mereka. Voucer ini akan eksklusif memotong harga dari setiap pembelian.

Lebih bijak kalau Anda membaca terlebih dahulu ketentuan voucer yang diberikan. Karena kadang, satu voucer dengan yang lainnya berbeda.

4. Sebaiknya Belanja Dipuncak Perayaan Harbolnas
Perayaan Harbolnas dilakukan selama tiga hari, mulai dari tanggal 10 hingga tanggal 12 Desember. Pada tanggal 12 Desember, biasanya e-commerce jor-joran mengatakan diskon. Dihari inilah kadang ada diskon hingga 90 persen diberikan.

Hanya saja, Anda harus lebih cekatan dengan pembeli lainnya. Karena terkadang diskon besar tersebut berlaku untuk sejumlah orang pertama yang melaksanakan pembelian. Perhatikan pula barang-barang yang sedang Flash Sale atau dijual cepat.

5. Ikuti Promo dan Program Yang Diselenggarakan
Beberapa e-commerce ketika merayakan Harbolnas mengadakan sejumlah program. Tidak ada salahnya ambil cuilan dalam acara ini. Karena sanggup saja keberuntungan berpihak kepada Anda.

Salah satu pola jadwal yang layak diikuti ialah promo harga suka-suka dari Lazada. Disini, kau sanggup memilih harga gedget sesuai keinginanmu. Jika beruntung, harga yang kau inginkan tersebut sanggup menjadi kenyataan, jikalau terpilih.

(Baca Juga: 7 Tempat Jual Foto Online Paling Keren di Dunia)

Ada banyak lagi jadwal yang disediakan oleh e-commerce. Silahkan dicari tahu dan di ikuti. Intinya, belanjalah sesuai kebutuhan dan kesanggupan. Jangan kebablasan dan terus pantau e-commerce kesukaan mu. Oh iya, salah satu gudang diskon yang banyak melalui aplikasi belanja di smartphone. Cari tahu saja.

Selamat Belanja dan Jangan Lupa Bahagia!

Posted in: