Cara Lengkap Menciptakan Website Dengan WordPress

Website atau blog telah menjadi komoditi utama dalam dunia internet. Bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia, website telah dikembangkan menjadi sesuatu yang berharga.

Dahulu, banyak orang takut bersentuhan dengan dunia website atau blog alasannya tidak tahu menjalankan bahasa pemprograman. Memang, website dikembangkan dari bahasa PHP, HTML atau Javascript.

Bahasa pemprograman itu, gampang-gampang susah dipahami. Maka sangat jarang yang mau terlibat. Hanya mereka yang memang punya basic yang mempelajari angka-angka dan simbol-simbol tersebut.

Tapi seiring waktu, teknologi terus dikembangkan biar memudahkan manusia. Seorang yang tidak tahu koding dan paham bahasa pemprograman pun sudah bisa menciptakan website profesional dengan mudah.

Salah satu CMS (content management system) yang paling banyak digunakan dikala ini ialah WordPress. Karena populer, maka Blogooblok pada tutorial kali ini akan menciptakan website atau blog dengan memakai WordPress.

WordPress yang kita gunakan disini bukan versi gratisan yang biasa ditemui, ibarat http://saya.wordpress.com. Tapi kita akan menciptakan website dengan TLD (top level domain) ibarat http://saya.com.

Artinya, kita akan sedikit mengeluarkan dana untuk membeli hosting dan domain. Saat ini sudah banyak tersedia penyedia hosting dan domain dengan harga terjangkau. Salah satu yang saya rekomendasikan ialah Indowebsite.

(Baca selengkapnya : Cara Membeli Domain dan Hosting di Indowebsite)

Agar postingan kali ini berjalan sebagaimana mestinya, postingan diatas ada baiknya dipelajari dahulu. Di goresan pena itu, langkah demi langkah bagaimana cara membeli domain dan hosting dijelaskan dengan terperinci. Untuk mendapat domain gratis, sebaiknya membeli paket dengan jangka waktu 1 tahun.

Tutorial kali ini ialah lanjutan dari postingan diatas. Setelah membeli domain dan hosting kemudian verifikasi domain melalui email. Tahap selanjutnya ialah membuka cPanel dan menginstal WordPress. Lebih lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama membuka cPanel. Alamat cPanel biasanya ibarat ini http://saya.com/cpanel. Namun, dikala gres mendaftar domain, masih ada tahap propagasi, sehingga URL itu belum berfungsi. Caranya, buka email ‘Detail Hosting Anda’ dan cari Temporary Control Panel. Lihat gambarnya dibawah ini.
  • Temporary cPanel ialah Server IP yang terdiri dari beberapa angka-angka. Silahkan klik, URL tersebut dan form login ke cPanel Anda akan terbuka. Silahkan copy Username dan Password yang juga terdapat pada Informasi Akun Anda. Setelah itu klik Masuk. 
  • Saat berhasil login, maka tampilannya ibarat gambar dibawah ini. Ada banyak pengaturan yang bisa dilakukan dalam cPanel. Tapi soal fungsi-fungsinya, akan dibahas di postingan berbeda. Karena kita akan menginstal WordPress, geser kursor ke bawah hingga menemukan goresan pena Softaculous Apps Installer. Selanjutnya, klik WordPress. 
  • Anda akan dibawa ke laman gres dengan tampilan ibarat dibawah ini. WordPress akan menyarankan untuk menginstal versi terbarunya. Pada tutorial ini, versi yang akan kita instal ialah 4.6. Langsung saja mengklik tombol Install Now alasannya tidak ada pengaturan ditahap ini. 
  • Tahap selanjutnya ialah bab setup. Dibagian inilah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. 
    • Dibagian atas, tak perlu melaksanakan banyak perubahan kecuali Anda punya lebih dari satu domain di cPanel. Namun, jikalau dibagian In Directory berisi goresan pena ‘dir’ misalnya, maka silahkan kosongkan jikalau Anda hendak menginstal WordPress melalui Homepage. 
    • Pada bab Site Setting, silahkan tulis Site Name Anda, contohnya Blogger Indonesia dan isikan Site Description. 
    • Pada bab Admin Account, tuliskan Admin Username Anda, contohnya ‘Admin Cakep’ dan password Adminnya dengan kombinasi yang rumit. Setelah itu isikan Admin Email Anda, secara default, email yang muncul ialah goresan pena admin dengan ekstension nama domain Anda, misal admin@saya.com. Email ini bisa diubah dengan email yang aktif atau membiarkannnya saja. 
    • Choose Language, silahkan menentukan bahasa yang ingin Anda gunakan. 
    • Bagian Select Plugins, biarkan terlewat saja. 
    • Anda juga bisa menentukan theme secara langsung, tapi jikalau tak ingin dan mempunyai theme sendiri, pilihan ini tak usah diambil. 
    • Sebelum mengklik tombol Install, pada bab Email Installation detail silahkan isi email Anda. Bisa juga dikosongkan. Setelah itu klik Install. 
Baca Juga  Cara Menciptakan Website Profesional
  • Akan muncul proses penginstalan, silahkan tunggu hingga selesai. 
  • Jika sudah selesai, maka akan muncul goresan pena Congratulation, the software was installed successfully. Dibahwanya ada gosip URL beserta, URL untuk login ke WordPress. 
  • Apabila semua proses selesai, maka tampilan hasil instalannya ibarat berikut. Ketika nama domain tersebut diketikkan di browser maka akan tampil theme bawaan WordPress. 

Tampilan standar ini, bisa diganti atau dimodifikasi sesuai harapan pemiliknya. Salah satu kelebihan WordPress sehingga banyak digunakan orang ialah kemudahaan dalam mengoperasikannya. Terdapat juga banyak plugin yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja website atau blog.

(Baca Juga: Cara Menginstal WordPress di cPanel Terbaru)

Tahap-tahap mengoptimalkan WordPress akan dibahas dipostingan selanjutnya. Jika ada pertanyaan sejauh ini, jangan sungkan bertanya melalui kolom komentar. Kami akan dengan bahagia hati membantu semampunya.

+Wisa Rahardi

Posted in: