Cara Memasang Iklan Google Adsense Di Blogspot

Ada banyak pertanyaan yang ditujukan ke BLOGOOBLOK perihal bagaimana cara memasang iklan Google Adsense di blog. Tentu saja untuk memasang iklan, Anda harus sudah disetujui oleh Google Adsense terlebih dahulu.

Saya beranggapan yang bertanya dikala itu sudah sanggup persetujuan. Pun kalau belum, terlebih dahulu harus mendaftar.

Baca Caranya: Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot


Pada dasarnya, ada dua cara yang disediakan Google untuk memasang iklan di blog. Cara bila Anda mendaftar Adsense melalui blogger dan cara bila memasang iklan melalui dasboard akun Google Adsense yang konvensional.

Artikel ini diupdate 26 Maret 2018. Cara yang dijelaskan sebelumnya sudah mengalami perubahan, sehingga diperhabarui sesuai perkembangan terkini.

Pasang Iklan Google Adsense dari Blogspot

Cara ini terbilang mudah. Anda hanya perlu masuk ke akun blogger Anda dan menentukan Penghasilan. Jika Anda mendaftar Adsense tidak melalui blogspot, ada baiknya mengaitkan dulu akun adsense Anda dengan blogspot. Caranya dengan memasukkan ID akun Anda.

Jika berhasil maka tampilannya akan menyerupai berikut :

Untuk memasang iklan Adsense di blog, pilihlah Ya pada opsi Tampilkan iklan di blog. Di bawahnya ada pilihan untuk menyesuaikan lebih lanjut. Jika mengklik goresan pena tersebut, kita akan diarahkan ke ‘Tata Letak’. Pada cara terdahulu pilihannya akan eksklusif dihalaman semula. Ada tiga format yang ditawarkan. Seperti gambar berikut:

  • Tampilkan iklan di bilah samping dan entri: artinya iklan akan tampil di sidebar blog dan di bab simpulan postingan. 
  • Tampilkan iklan di bilah samping : iklan hanya akan tampil di sidebar blog
  • Tampilkan iklan di bawah entri : ikan hanya akan muncul di bab bawah atau simpulan postingan. 

Namun cara di atas sudah tidak berlaku lagi. Dengan hanya menentukan Ya, iklan adsense sudah sanggup muncul di versi mobile. Tanpa perlu dilakukan tindakan lebih lanjut. Namun bila perlu mengaturnya dalam vesri desktop, maka kita akan dialihkan ke laman ‘Tata Letak’.

Baca Juga  Audience Network Facebook Si Calon Pesaing Adsense

Pada laman ‘Tata Letak’, Anda hanya perlu menekan tombol ‘Tambahkan Gadget’. Kemudian akan muncul jendela gres yang berisi bermacam-macam pilihan. ‘Adsense’ biasanya berada di bab paling atas. Tinggal menekan tombol (+) yang berwarna biru. Atau goresan pena Adsensenya.

Halaman konfigurasi akan terbuka. Silahkan mengatur tampilan iklan yang diinginkan. Usahakan formatnya responsif biar ketika dibuka dalam versi yang berbeda, iklannya tetap menyesuaikan. Jenis iklannya pun sebaiknya pilih ‘Teks dan Gambar’.

Untuk perpaduan warna, silahkan di eksplorasi sendiri. Tepat di bawahnya ada pratinjau yang iklan ketika dimunculkan. Jika sudah selesai dengan halaman konfigurasinya, tekan ‘Simpan’ di pojok paling bawah. Setelah itu, penempatan iklannya sanggup dimana saja. Tinggal drak dan save.

Jika unit iklan gres yang pasang, akan ada beberapa dikala iklannya gres muncul. Kalian sanggup menambahkan berapapun iklan di halaman blog. Lakukan cara di atas untuk menambah yang baru.

Baca: Tutorial Lengkap Agar Mujur Daftar Google Adsense 

Pasang Iklan Google Adsense dari Akun Adsense

Untuk memasang iklan melalui akun Adsense, pertama-tama login dulu ke dasboardnya. Kunjungi google.com/adsense dan masukkan email yang telah disetujui oleh Adsense. Setelah berhasil, Anda akan dihadapkan pada tampilan beranda. Disini Anda sanggup melihat laporan penghasilan Adsense.

Selanjutnya, klik Iklan Saya yang berada di bawah beranda.

Pada pilihan My Ads atau Iklan Saya. Adsense menyediakan beberapa pilihan. Yang pertama Content, AdMob, Search, Ad Styles dan Other Products. Rata-rata kita akan memakai pilihan Content. Di dalamnya ada Auto Ads, Ad Units, Ad Balance, Custom Channels dan URL Channels.

Auto Ads termasuk pilihan gres yang dimunculkan Adsense. Cara kerjanya sederhana. Kita tinggal memasang, kemudian iklan akan muncul dengan sendirinya dan mencari posisi yang paling tepat. Bisa di atas, di tengah artikel atau paling bawah. Sayangnya, Auto Ads lebih banyak berlaku di mobile vertion.

Baca Juga  Google Adsense Rasa Baru

Kita akan membahas perihal Auto Ads di artikel terpisah.

Untuk mengambil isyarat iklan dan memasangnya di blog secara manual, maka pilihannya ke Ad Units. Ketika menekan tombol tersebut akan muncul halaman baru. Untuk menciptakan unit iklan baru, klik tombol + Unit iklan baru.

Akan muncul empat jenis unit iklan yang tersedia. Tiga diantaranya berupa Native Ads. Ada Matched Content, In-feed ad dan In-article Ad. Silahkan menentukan jenis iklan yang hendak dipasangkan ke blog. Saya contohkan yang paling umum saja. Teks & display ads.

Saat menekan tombol pilih atau Select akan muncul halaman konfigurasi. Pada tahap inilah akan memilih, tampilan iklannya menyerupai apa. Jangan lupa, untuk setiap unit iklan yang dibentuk selalu mengisi nama semoga sanggup mengukur kinerjanya suatu waktu.

Pilih ukuran iklan yang akan dibuat. Anda sanggup menentukan jenis ukuran yang disediakan dengan mengklik pilihan Menampilkan. Ada sekitar tujuh jenis pilihan yang diberikan. Pertama yang Disarankan, ini ialah jenis yang paling banyak digunakan. Spanduk Horizontal, Spanduk Tegak, Persegi Panjang Responsif, Ukuran khusus dan Iklan Tautan.

Setiap ukuran, Anda bila melihatnya terlebih dahulu dengan mengklik Pratinjau, menyerupai ukuran 300×250 berikut ini.

Setelah yakin dengan ukurannya, selanjutnya pilih Jenis Iklan. Ada tiga pilihan, menampilkan iklan dalam bentuk teks dan gambar, hanya iklan gambar atau hanya iklan teks.

Jika menentukan iklan teks dan gambar, ada baiknya Anda menentukan gaya iklan teks yang akan ditampilkan. Di bab ini ada banyak pilihan yang sanggup Anda sesuaikan dengan blog Anda. Untuk mengeditnya, klik tombol Salin dan Edit.

Di bab bawah, masih ada dua opsi, Saluran khusus dan Iklan Cadangan. Keduanya hanya berkhasiat untuk waktu-waktu tertentu saja. Jika telah yakin dengan pilihan, selanjutnya klik Simpan dan dapatkan kode.

Langkah selanjutnya, tinggal mengcopy isyarat iklan yang muncul. Pasang di blog kalian dengan dua cara. Bisa di bab Tata Letak, sanggup juga di bab Edit HTML pada pengaturan Theme. Cara gampang memasangnya dengan mengikuti langkah pertama di atas dengan perintah ‘Tambahkan Gadget’ kemudian pilih HTML/JavaScript.

Baca Juga  Apa Itu Hosting Dan Domain?

Jika proses pemasangan pertama kali ini berjalan lancar, maka tidak akan usang lagi iklannya sanggup muncul. Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk jenis tertentu. Namun sebelum terlalu banyak menambahkan isyarat iklan, sebaiknya pelajari pula perihal Asinkron.

Baca: Percepat Loading Blog dengan Script Asinkron Adsense

Setelah iklan terpasang dan tayang di blog, selanjutnya kiprah Anda meningkatkan penghasilan. Ada banyak langkah dan seni administrasi yang sanggup ditempuh. Namun yang paling fundamental ialah memperbanyak kunjungan. Jenis-jenis iklan tertentu sangat penting diperhatikan. Khususnya Native.

Setelah mengetahui Google Adsense, sebaiknya pula mengetahui Google AdWords. Ada banyak hal sanggup dipelajari dari AdWords untuk meningkatkan pendapatan di Adsense.

Sejauh ini, bila masih mengalami hambatan dalam cara memasang iklan adsense di blog semoga sanggup tercerahkan dengan klarifikasi di atas. Pun kalau masih terdapat pertanyaan sekaitan dengan tema di atas silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan.

Salam kreasi!

Posted in: