Cara Memasang Kolom Komentar Disqus Di WordPress

Blogooblok sudah pernah menciptakan postingan bagaimana cara memasang kolom komentar Disqus di blogspot. Saat ini, kita akan memasang Disqus di WordPress. Tapi, bagi yang belum tahu apa itu Disqus, dapat discroll dulu kebagian bawah postingan ini dan lihat kolom komentarnya. Itulah Disqus.

Keunggulan Disqus dibanding widget yang lain yaitu fleksibilitinya yang baik. Disqus dapat ditempatkan di platform apa saja dan desain yang elegan. Selain itu, orang-orang sudah dapat berkomentar memakai banyak sekali akun. Bisa akun Disqus itu sendiri, atau memakai akun Facebook, Twitter serta Google +.

(Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress)

Makara tidak perlu lagi memasang satu persatu kolom komentar, contohnya milik Facebook atau Google +. Pada dasarnya, semua punya keunggulan masing-masing, namun Disqus dapat merangkul semua penyedia tersebut menjadi satu dan berdaya guna maksimal.

Baiklah, alasannya postingan ini judulnya Cara Memasang Kolom Komentar Disqus di WordPress, maka kita mulai saja. Namun, sebelumnya itu, saya ingin menjawab pertanyaan seorang teman. Ia bertanya, apakah beda cara memasang Disqus di blogspot dan di WordPress.

Jawabannya tentu saja berbeda. Tapi langkah awalnya tetap sama. Yang beda yaitu pada tahap finisingnya saja. Olehnya itu, bagi yang ingin mengetahui tahap awal pendaftarannya, silahkan kunjungi postingan ini Cara Praktis Memasang Kolom Komentar Disqus di Blogspot.

Pada bab Choose your platform, kita menentukan WordPress. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Saat menentukan WordPress, Disqus akan memperlihatkan kita lima tahap penginstalan. Ikuti isyarat tersebut satu persatu. 
  • Kemudian masuk ke Dasbor WordPress Anda. Laksanakan perintah pertamanya, yakni masuk kebagian Plugins kemudian klik Edd New, sehabis itu cari Disqus di kotak pencarian. Biasanya akan banyak yang muncul. Pilih yang khusus untuk komentar, kemudian tekan Instal Now.
  • Setelah menekan tombol Instal, akan muncul tampilan menyerupai berikut ini. Selanjutnya klik  Activate Plugin. 
  • Jika menekan Activate Plugin, selanjutnya Anda akan diminta melaksanakan login memakai email dan pasword yang dibentuk ketika mendaftar di Disqus. Login kemudian klik Next. 
  • Anda akan diberi pilihan apakah menginstalnya di website yang mana. Ini jikalau Anda punya lebih dari satu, tapi jikalau hanya satu maka pilihannya hanya satu. Setelah itu klik Next lagi.
  • Selajutnya, akan muncul pemberitahuan bahwa Disqus Anda sudah sukses terintal di WordPress Anda. Silahkan mengutak-atiknya. Anda dapat melaksanakan moderasi pribadi ke bab Dasbor Disqus Anda. 

Cara Memindahkan Komentar Lama ke Disqus Comment

Cara diatas tidak akan serta merta memindahkan komentar usang di WordPress Anda ke Disqus. Apabila blog Anda sudah banyak berisi komentar, jangan harap akan pribadi terilihat. Butuh beberapa tahap lagi untuk memindahkan komentar-komentar tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama dibagian Dasbor WordPress Anda, masuk ke bab Komentar atau Comments. Lalu pilih Disqus dan arahkan kursor dibagian kanan atas, klik Plugins Settings. 
  • Pada halaman Settings plugin, Scroll ke bawah pada bab Import dan Export. Pada bab Eksport Comments to Disqus klik tombol Ekport Comments. Ini akan memulai proses import dan semua komentar WordPress usang Anda akan di export ke sistem komentar Disqus.
  • Jika prosesnya final akan tampil menyerupai berikut ini. 
  • Selanjutnya, silahkan cek Disqus Anda, dijamin proses perpindahan komentar usang ke Disqus sudah terlihat. 
Baca Juga  Cara Semoga Teman Tidak Dapat Melihat Daftar Teman Kita Di Facebook Lewat (Pc/Hp)

Ada banyak keunggulan Disqus dibanding kolom komentar lainnya. Di beberapa negara bahkan, memasang Disqus di blog dapat berpenghasilan besar. Sayangnya, di Indonesia belum tersedia mode untuk monetizing Disqus.

(Baca Juga: Cara Menampilkan Kolom Komentar Google+)

Tampilan Disqus juga menarik dengan beraneka macam jenis komentar yang dapat ditautkan. Bisa foto, bahkan video. Disqus juga sekaligus tertaut dengan layanan sosial medianya. Sehingga pengguna dapat melaksanakan apa saja, termasuk memoderasi komentar yang datang.

Selamat mencoba dan Jangan Lupa Bahagia!.

Posted in: