Cara Menciptakan Formulir Online Dengan Google Forms

Bagi seorang blogger, tols yang bermanfaat tentu saja harus dimaksimalkan. Dan Google yakni raksasa dunia teknologi yang kaya dengan fitur menarik. Ada berbagai aplikasi gratis yang disediakan oleh Google yang sayang kalau tidak dimaksimalkan.

Mungkin teman-teman pernah berkunjung ke satu lembaga atau website yang menyediakan formulir infomasi untuk diisi. Atau satu ivent yang mengharuskan mengisi biodata untuk sanggup mengikutinya. Salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai untuk menciptakan form itu yakni Google Forms.

(Baca Juga: Cara Memasang Kolom Komentar Disqus di WordPress)

Jika masih belum paham dengan klarifikasi diatas. Berikut yakni pola penggunaan Google Forms. Kami juga sekaligus meminta biar teman-teman mengisinya dengan seksama. Karena data yang terkumpul juga akan dipakai sebagai materi tulisan.

Penggunaan Google Forms sanggup lebih luas lagi. Tergantung apa kebutuhan Anda. Bahkan beberapa penelitian memakai Google Forms untuk menciptakan kuesioner. Ini tentu saja mengurangi penggunaan kertas dan menganalisa datanya sanggup eksklusif dalam bentuk digital. Makara lebih mudah.

(Baca Juga: Tutorial Lengkap Membuat Blog Blogspot Makara Profesional)

Untuk menciptakan formulir online ibarat pola diatas, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Pertama-tama kunjungi https://docs.google.com/forms/ atau masuk ke Google Drive Anda kemudian pilih New, klik More dan pilih Google Forms. 
  • Jika masuk ke halaman Google Forms tampilannya akan ibarat berikut ini. Langsung saja klik Get Started. 
  • Fitur utama formulir kerja Google Forms ada tiga bagian, pertama Form Setting, Page dan Configuration Page. 
  • Page yakni bab inti untuk menciptakan formulir online. Ada beberapa bab yang harus diketahui pada Page. Pada bab atas yang goresan pena Untitled Fom yakni judul utama formulir onlinenya dan dibawahnya Form Description yakni klarifikasi singkatnya. 
  • Di dalam kotak, bab Question Title ada bab dimana Anda harus mengisi pertanyaannya. Help Text merupakan derma klarifikasi dari pertanyaan tersebut. Help Text ini boleh diisi, boleh juga tidak, tergantung Question Type yang akan kita tanyakan.
  • Question Type yakni pilihan untuk beberapa jenis pertanyaan.Ada beberapa jenis Question Type yang sanggup dipilih yakni teks, paragraf, pilihan ganda (multiple choice), checkboxes, skala (scale), dan lainnya. Bergantung kita ingin menerima balasan ibarat apa. Khusus untuk checkboxes, kita sanggup menciptakan opsi yang sanggup diisi sendiri oleh responden dengan mengeklik “Add Other”.
  • Jika pilihan tersebut harus diisi, jangan lupa untuk mencentang bab Required Question sehingga responden harus mengisi bab tersebut sebelum sanggup mengirimkan form.
  • Jika pertanyaan yang Anda olok-olokan lebih dari satu maka klik Add Item dibagian bawah. Tombol dropdown disamping Add Item juga berisi sejumlah pilihan lain yang sanggup dimaksukkan dalam formulis. Semisal ingin memasukkan gambar atau video, sanggup melalui cara ini. 
  • Jika sudah final memasukkan semua pertanyaan yang Anda perlukan,selanjutnya jikalau ingin merubah tampilannya sanggup menentukan di bab change theme di bab atas. Ada banyak pilihan tema yang sanggup dipilih. 
  • Jika semua dirasa cukup, selanjutnya klik Send Form. 

Cara Memasang Formulir Online di Postingan Blog

Setelah menciptakan formulir online di Google Forms, selanjutnya yakni mendistribusikannya. Atau bahasa lainnya membuatnya dilihat oleh orang-orang. Jika Anda berniat untuk memasang formulir online tersebut di postingan blog maka ikuti langkah berikut ini.

Baca Juga  Tampilan Gres Dashboard Blogger Lebih Segar Dan Kekinian

(Baca Juga: Cara Mengganti Domain Blogspot Makara .COM)

Pertama-tama Anda harus mengambil instruksi embed pada formulir online. Kode tersebut diambil dibagian Send Form. Pada gambar diatas terlihat goresan pena Embed disebelah kanan. Klik tombol tersebut dan akan muncul form ibarat berikut.

Copy script yang ada dalam kotak tersebut dan letakkan pada bab postingan blog Anda. Atau disisi mana pun Anda mau menempatkannya. Ingat, untuk menjalankan instruksi tersebut selalu paste pada mode HTML. Jika berhasil, maka alhasil ibarat pola diatas.

Semoga membantu dan bermanfaat!
+Wisa Rahardi

Posted in: