Cara Menciptakan Gambar Ilustrasi Untuk Blog Tutorial

Photo by Derek Thomson on Unsplash

Keberadaan gambar ilustrasi pada blog yang menjelaskan bermacam-macam tutorial, hukumnya fardu kifayah alias wajib. Kalau tutorial yang dibahas ada kaitannya dengan internet, atau blogging. Maka sebaiknya menggunakan ilustrasi yang sesuai.

Dalam setiap postingan BLOGOOBLOK, utamanya yang membahas tutorial akan selalu diupayakan gambar yang relevan. Untuk menciptakan gambar ilustrasi sebaiknya pribadi mengcapture bab yang dimaksudkan. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan.

Pada artikel lain di blog ini sudah dijelaskan penggunaan LICEcap untuk membuat gambar ilustrasi berbentuk animasi. Aplikasi tersebut haruslah diinstal di komputer. Meski cukup jarang menggunakan aplikasi tersebut, namun untuk memberi sentuhan lain, tidak ada salahnya.

Saat awal-awal ngeblog, saya sering menggunakan Print Screan (PrtSCR) yang ada di keypad laptop. Hasil tangkapan layar tersebut kemudian saya edit di Paint yang juga sudah terinstal di komputer. Apabila menggunakan Windows. Namun prosesnya cukup melelahkan dan hasil yang sedikit mengecewakan.

Saya kemudian lebih sering menggunakan aplikasi screenshot yang dipasang di browser. Khususnya di chrome. Selain lebih ringan, balasannya pun dapat dimodifikasi dengan membubuhkan keterangan tertentu pada gambar yang dihasilkan.

Berkenalan dengan Awesome Screenshot

Awalnya ada banyak aplikasi screenshot yang saya coba. Karena memang tersedia sangat banyak di Chrome Web Store. Oh iya, saya pengguna browser Chrome jadi membahasnya soal Chrome. Jika pengguna browser lain silahkan ke bab addonnya masing-masing.

Setelah mencoba bermacam-macam aplikasi, saya tetapkan untuk tetap dan sampai kini menggunakan Awesome Screenshot. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini. Bisa mengcapture bab tertentu pada halaman yang dibuka. Bisa pula mengcapture seluruh halaman yang diinginkan. Atau bahkan desktop komputer.

Baca Juga  Panduan Memakai Google Data Studio

Jika ingin merekam video lewat tangkapan layar, Awesome Screenshot juga memungkinkan. Meski, untuk yang menggunakan gratisan ibarat saya hanya punya waktu 30 detik. Jika ingin menggunakannya full fasilitas, kalian dapat mengupgrade akun dengan membayar $19.99 per tahun. Sekitar Rp260.000-an.

Awesome Screenshot di Chrome Web Store ada tiga macam. Ada Minus artinya hanya dapat tangkap gambar saja. Ada yang video recorder. Dan saya menggunakan adonan keduanya Awesome Screenshot: Screen Video Recorder. Silahkan dipilih untuk kebutuhan masing-masing.

Untuk menginstalnya, cukup mudah. Silahkan susukan Chrome Web Store jika menggunakan Chrome. Lalu ketik Awesome Screenshot di kotak pencarian aplikasi. Setelahnya tekan tombol “Add to Chrome”. Ikuti prosesnya sampai jawaban dan aplikasi tersebut terpasang di browser Anda.

Untuk menggunakannya. Tinggal menekan tombol kamera di pojok kanan atas browser Anda dan pilih, fungsi apa yang hendak digunakan. Setelah itu edit gambar di halaman editing. Bisa memotong, dapat menulis, dapat memberi tanda panah dan sebagainya.

Jika dianggap sudah lengkap, tinggal klik “Done” dan selanjutnya simpan di komputer Anda. Gambar yang dihasilan siap diupload ke blog. Lihat video demonstrasinya berikut ini. Meski ada beberapa suplemen fungsi yang tidak tersedia dalam video, namun dapat memberi citra umum.


Artikel ini diupdate 18 Maret 2018. Judul aslinya “Membuat Gambar Ilustrasi dengan Awesome Screenshot”. Pertama kali dipublikasikan 13 April 2015. Ada banyak isu terbaru yang dimutahirkan. Salah satunya, soal isu Awesome Screenshot App. Layanan itu sudah resmi dilarang dan fungsinya banyak dialihkan ke layanan premium.

Salam kreasi!

Posted in: