Cara Menciptakan Grup Atau Komunitas Di Google+ (Plus)

Lasimnya, grup atau komunitas (bukan fanpage yah) biasanya hanya ditemukan di Facebook. Tapi layanan ini juga ada di Google+ (Plus). Google+ sendiri ialah sosial media yang seutuhnya dimiliki oleh Google dengan segala kelebihan dan fasilitas yang diberikan.

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh Google+ dan belum diberikan oleh Facebook ialah peningkatan visibilitas dan peringkat satu bisnis di dunia maya. Ini alasannya ialah Google+ hadir sebagai sarana penunjang guna terciptanya sistem pencarian Google yang kian sempurna.

(Baca: Cara Mengaktifkan Akun Google (+) Plus)

Google+ ketika ini menjadi salah satu penentu hasil pencarian di Google. Olehnya itu, penting adanya bagi siapa saja untuk mengaktifkan akun G+. Caranya gampang, apabila Anda sudah mempunyai akun Google, maka Anda pula telah mempunyai akun G+, sisa mengaktifkannya saja.

G+ juga sangat berperang penting bagi blog. Selain mendorong peningkatan SEO, kolom komentar G+ juga dapat ditautkan dengan blog, utamanya blogspot.

(Baca Caranya Disini: Cara Menampilkan Kolom Komentar Google+)

Intinya, sangat banyak yang dapat dilakukan dengan akun Google+. Salah satu yang akan kita bahas ketika ini ialah grup atau laman khusus untuk komunitas di Google+. Laman grup yang akan kita buat ini berjulukan Aliansi Blogger Indonesia disingkat ABI. Sekalian BloGooblok mengajak semua blogger untuk ikut bergabung demi kemaslahatan bersama.

Cara Membuat Grup Atau Komunitas di Google+

  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan login ke akun Google+ Anda. 
  • Setelah login, dihalaman home, arahkan kursor ke goresan pena Home disudut kiri atas kemudian pilih Communities. 

  • Halaman selanjutnya silahkan klik Create Community
  • Anda akan diberi dua pilihan jenis grup, Public atau Private. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan masing-masing, alasannya ialah grup yang akan kita buat ini berjenis ‘kelamin’ publik maka kita pilih Public. 
  • Silahkan mengisi kotak yang ditersedia. Isikan nama grup pada kotak What do you want to call it? dan pada pilihan do people need permission to join? silahkan pilih sesuka hati, apakah tidak terbuka bebas atau orang yang bergabung harus dengan persetujuan moderator. Karena ini grup publik jadi kami pilih No, anyone can join. Jika usia, klik Create Community untuk ke tahap selanjutnya. 
  • Tibalah Anda pada halaman grup yang gres dibuat. Silahkan melaksanakan pengaturan informasi dan segala macamnya. Jika semua dirasa mantap, foto juga sudah diganti silahkan klik Done di sebelah kanan atas. Itu artinya, grup Anda telah mengudara dan siap untuk dipasarkan. 
  • Untuk pertama kalinya, Anda dapat sekaligus mempromosikan grup gres ini kepada warga dunia. Ini biar semakin banyak yang tau akan keberadaan grup gres tersebut. 

Demikianlah sepintas cara menciptakan grup atau laman komunitas di Google+, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk join dengan kami di Aliansi Blogger Indonesia. Akan ada banyak aktivitas dan tutorial menarik kalau grupnya penuh sesak dengan anggota.

Baca Juga  Cara Gampang Download Video Dari Facebook

(Baca Juga: Cara Menghapus Akun Google dengan Lengkap)

Kami juga berencana untuk membangun sindikasi blogger di Indonesia biar kedepannya media tidak hanya dikuasai oleh 12 orang di negeri ini. Sindikasi ini sebagai titik awal untuk membangun jaringan blogger terbesar yang tentu akan sama-sama menguntungkan bagi setiap anggotanya. Soal teknis dan segala macamnya, silahkan join di grup Aliansi Blogger Indonesia.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

Posted in: