Cara Menciptakan Highlight Postingan Di Blogspot

Blogspot nampaknya terus melaksanakan pembenahan pada sistemnya. Fitur-fitur gres terus bermunculan, begitu juga fitur usang dan tidak terlalu berkhasiat terus berguguran. Pada 10 Desember 2015 lalu, Blogspot kembali menghadirkan satu fitur baru. Namanya ‘Featured Post’.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan highlight postingan atau menyoroti satu postingan tertentu untuk dipasang dimana pun dibagian blog. Secara kasat mata, fitur ini cukup memberi warna gres pada tampilan blog.

(Baca Juga: Cara Membuat Formulir Online dengan Google Forms)

Bentunya yang sederhana gampang dipadupadamkan dengan bab blog. ‘Featured Post’ juga bagi aku punya banyak kegunaan. Misal dijadikan sebagai sarana berpromosi untuk konten-konten berbayar yang dikelola. Ini bisa menambah nilai tambah buat blogger yang konsen mendapatkan job review.

Contoh highlight yang bisa dibentuk oleh Featured Post ini, sebagai berikut:

Blogspot nampaknya terus melaksanakan pembenahan pada sistemnya Cara Membuat Highlight Postingan di Blogspot

Salah satu keunggulan Featured Post ini alasannya kemampuannya mengikuti keadaan dengan tampilan blog. Dia juga akan dengan gampang ditempatkan dibagian blog mana pun. Saat ini, Blogooblok memasangnya di sidebar.

(Baca Juga: Cara Memasang Kolom Komentar Disqus di WordPress)

Kalau tertarik memasangnya di blog, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama, tentu saja harus login ke dashbor Blogspot Anda. Lalu pilih Tata Letak. Klik Tambahkan Gadget. Saat muncul jendela baru, pilih Featured Post atau jika settingan Anda berbahasa Indonesia, pilih Entri yang Diunggulkan. 
  • Pada jendela selanjutnya akan muncul laman pengaturan, entri mana atau postingan mana yang ingin Anda tampilkan pada highlight. Anda bisa menampilkan judul dan gambar bersamaan, bisa juga hanya judul dan gambar saja. Kemudian klik salah satu postingan yang kau inginkan untuk ditampilkan. 
  • Jangan lupa merubah judul gadget sesuai cita-cita Anda sebelum mengklik Simpan. 
Baca Juga  Cara Riset Keyword Paling Ampuh Untuk Bisnis Online

Kekurangan fitur gres blogspot ini adalah, jumlah postingan yang bisa disoroti hanya satu. Dan untuk menggantinya suatu waktu, harus secara manual. Namun secara umum, fitur gres ini sedikit membantu memperindah dan memudahkan pengunjung blog menemukan postingan usang kita.

(Baca Juga : Cara Memasang Google Map di Postingan Blog)

Semoga, kedepan blogspot kembali menghadirkan fitur-fitur gres yang bermanfaat dan gampang digunakan. Featured Post diatas bersama-sama hampir sama dengan sticky yang dipakai oleh WordPress. Bedanya, milik blogspot bisa dilepas dan dipindah-pindah.

Buat teman-teman yang sudah mencoba fitur gres ini, jangan lupa menyebarkan pengalaman di kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

Posted in: