Cara Menciptakan Laporan Google Analytics Jadi Pdf

Untuk banyak sekali alasan, kadang-kadang laporan Google Analytics dibutuhkan dalam banyak sekali bentuk. Salah satu format yang paling sering digunakan yaitu Portable Document Format (PDF).

Laporan PDF dari Google Analytics ini bisa dipergunakan untuk banyak sekali hal. Salah satunya yang dilakukan Blogooblok di laman Report. Dimana kami menyediakan data trafik perbulan untuk blog ini dalam bentuk PDF.

(Baca Juga: Mengenal Fitur dan Kontrol Utama Google Analytics)

Data-data itu diambil eksklusif dari Google Analytics yang dikonversi dalam bentuk PDF. Tapi jangan berpikir bahwa data dalam format PDF itu diambil melalui screenshot kemudian dibentuk ke versi PDF.

Data-data itu dikonversi eksklusif dari Google Analytics kedalam bentuk PDF melalui aplikasi yang disediakan. Ada banyak format yang tersedia namun hanya PDF yang paling optimal penggunaanya.

Berikut Blogooblok goresan pena cara gampang membuatnya:

  • Pertama-tama tentu saja login ke akun Google Analytics Anda. Lalu pilih report yang ingin dibentuk dalam bentuk PDF. Yang paling umum yaitu data-data Audience. Klik Overview untuk melihat data 28 hari terakhir. Soal waktu ini bisa diubah dengan menentukan tanggal di pojok kanan atas. 
  • Setelah yakin dengan data yang akan dibentuk PDF-nya, selanjutnya, klik Export dan pilih PDF. Google akan memproses seruan itu dan akan mendownloadnya secara otomatis. 
  • Laporan tersebut akan di donwload ke komputer Anda. Praktis bukan!. 

Kaprikornus sekali lagi, menciptakan laporan Google Analytics dalam bentuk PDF tidak dibentuk melalui screenshot, tapi dikonversi eksklusif dari dalam. Pertanyaan kemudian, bagaimana data ini bisa dilihat lebih banyak orang.

Untuk yang satu ini, kita gunakan Google Drive. Silahkan login ke Google Drive Anda dan upload laporan tadi. Lebih jelasnya silahkan baca: Mengaktifkan Google Drive di Browser dan Desktop.

Baca Juga  Panduan Memakai Google Data Studio

Setelah mengupload filenya. Silahkan klik file tersebut sampai terbuka. Dibagian atas klik Share (yang icon orang dengan tanpa plus).

Saat terbuka tampilannya akan menyerupai gambar dibawah ini. Form tersebut khusus untuk mengirimkan laporan itu ke email. Anda bisa mengirim laporan ini eksklusif dengan ketentuan tidak bisa diedit. Anda bisa memasukkan lebih banyak email dalam form ini.

Selain itu, kita juga bisa mengambil linknya saja dan disebar. Masih pada form tersebut, klik goresan pena Get Shareable Link yang ada di pojok kanan. Maka tampilannya akan menyerupai berikut ini.

Untuk bisa dilihat semua orang, pastikan goresan pena di Anyone with the link bertulisakan can view. Setelah itu silahkan copy linknya dan sebar dimana pun Anda ingin tempatkan. Seperti di Blogooblok, link inilah yang digunakan di halapan Report.

Praktis bukan!.
Semoga bermanfaat dan Jalang Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi 

Posted in: