Cara Menciptakan Sitelinks Di Hasil Pencarian Google

Google ialah primadona bagi penikmat jejaring internet, khususnya bagi pemilik situs atau blog. Sumber trafik terbesar akan tiba dari hasil pencarian Google, ditambah search engine lain semisal Bing dan Yahoo serta mesin pencari lainnya.

Ada banyak cara meningkatkan trafik atau pengunjung blog. Namun bloGoooblok menyarankan Anda memakai metode-metode murni yang ramah lingkungan dan sehat dimata search engine. Jika sampai sekarang blog Anda belum terindex oleh Google, silahkan daftarkan blog Anda terlebih dahulu. (Baca Cara Mendaftarkan Blog ke Google)

Bagi Anda yang sering memakai Google mencari informasi, mungkin pernah dihadapkan pada hasil pencarian tersusun untuk satu situs atau blog. Metode itu dinamakan oleh Google sebagai sitelinks. Itulah yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Jika belum paham apa yang kami maksudkan, silahkan uji coba dengan mengetikkan kata blogoooblok di Google. Maka hasil pencariannya menyerupai berikut ini.

Apa Itu Sitelinks? 

Sedikit yang kami jelaskan diatas, bahwa sitelinks ialah hasil pencarian yang mempunyai karakteristik berbeda. Pada satu kata kunci tertentu (kebanyakan nama situsnya) bisa muncul dihalaman pertama dengan hasil pencarian bertingkat dan condong kedalam.

Ada beberapa macam sitelinks. Ada yang hanya dua kolom, ada empat kolom dan enam kolom, bahkan ada beberapa situs lebih dari itu. Google masih merahasiakan, cara tunjangan sitelinks ini kepada situs tertentu, begitu pula dengan jumlah sitelinks yang diberikan.

Secara alamiah, Google kadang menawarkan sitelinks kepada situs tertentu alasannya ialah beberapa hal, termasuk alasannya ialah artikel yang ditampilkan disitus tertentu mempunyai reputasi yang lumayan, bisa juga alasannya ialah jumlah kunjungan disitus itu tinggi sehingga Google memberi hadiah berupa sitelinks.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Rangking Blog Dengan Alexa Berbayar

Mengapa Sitelinks Itu Penting? 

Jika Anda perhatikan, Google hanya akan menampilkan sepuluh baris situs dihalaman pertama untuk kata kunci tertentu. Apabila blog Anda mendapat sitelinks, minimal dua baris saja, itu berarti peluang Anda mendapat kunjungan jauh lebih besar, alasannya ialah sisa situs yang akan ditampilkan Google tinggal delapan.

Bayangkan kalau Google menawarkan Anda hadiah enam sitelinks. Situs lain yang akan ditampilkan tinggal sedikit. Dengan sitelinks pada blog Anda juga akan menarik perhatian pengunjung, alasannya ialah karakteristik pencariannya berbeda dari yang lain (ini merupakan sifat manusia, tertarik pada hal yang unik).

Membuat Sitelinks Lewat Google Webmaster Tools

Jika blog Anda tidak bisa mendapat hadiah sitelinks gratis dari Google. Tak perlu risau, alasannya ialah Anda bisa membuatnya sendiri. Tetapi sebelum melangkan ke cara menciptakan sitelinks secara manual, Anda harus mengaktifkan dulu fungsi Googel Webmaster Tools, bisa Anda baca artikel ini, Cara Menggunakan Webmaster Tools. 

Jika telah mengaktifkan Webmaster Tools-nya. Selanjutnya ituki langkah-langkah berikut ini.

  • Login ke Google Webmaster Tools Anda, kemudian pilih blog yang ingin dioptimalkan. Pada Dashboard pilih tab Search Apprearance, kemudian klik Sitelinks. 
  • Ada dua kotak isian yang disajikan oleh Google. Pada kolom pertama, silahkan Anda kosongkan saja kalau halaman homepage blog Anda ialah yang ingin Anda tampilkan. Namun kalau ingin merubahnya, silahkan masukkan URL halaman yang ingin Anda tampilkan. Sementara di kolom yang kedua, ialah lokasi dimana Anda memasukkan halaman yang ingin Anda tampilkan. Jika telah mengcopy URL Anda, selanjutnya klik Demote. Anda bisa memasukkan beberapa URL, maka akan secara otomatis Google akan menggenerasikan link tersebut. 

  • Jika telah simpulan memasukkan beberapa URL atau link. Selanjutnya Anda menunggu. Google akan melaksanakan ekstrak kepada link yang telah Anda Demote. Proses ini membutuhkan waktu yang berbeda-beda, ada yang hanya sehari, seminggu, sebulan bahkan ada juga yang mencapai usia tahunan gres tergenerate oleh Google. Sekali lagi, hal ini ialah kebijakan Google secara utuh. 
Baca Juga  3 Cara Gampang Tentukan Long Tail Keyword

Dari pengalaman bloGoooblok , waktu yang diharapkan untuk mencitpakan sitelinks ialah satu minggu. Awalnya kami hanya mendemote empat link, namun Google dengan berbaik hati menawarkan enam sitelinks di hasil pencarian. Silahkan coba peruntungan Anda. (Baca juga Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools)

 

Posted in: