Cara Menghapus Akun Google Dengan Lengkap

Ada banyak alasan orang untuk menghapus akun Googlenya. Namun, banyak alasan menempuh langkah menghapus akun secara permanen dikarenakan telah mempunyai banyak akun di Google, sisanya alasannya yaitu dengan tidak sengaja menghapus akunnya.

Mengapa ada orang yang mempunyai banyak akun di Google? Jawaban setiap orang berbeda-beda. Namun dari beberapa kasus, orang yang mempunyai banyak akun di Google, alasannya yaitu terlalu sering ditolak oleh Google Adsense. (Baca Cara Mendaftar Google Adsense dari Blogspot).

Apapun alasan Anda, mempunyai banyak akun di Google memang sedikit berlebihan, dan ini akan memenuhi data base Google. Kaprikornus bagi Anda yang sudah terlalu sering cintanya ditolak (baca tidak diterima) oleh Google Adsense, ada baiknya menghapus sebagian akun Google Anda.

Dengan menghapus beberapa akun di Google dan mengoptimalkan akun-akun yang aktif, akan sedikit diperhitungkan oleh Google ketika kembali melamar (mendaftar) ke Google Adsense. Namun harus diingat, ketika menghapus akun Anda di Google, itu berarti seluruh tautan dalam akun itu juga akan terhapus.

Semisal Anda mempunyai blog di akun A, dan Anda hapus, itu berarti Anda juga telah menghapus blog tersebut. (Baca Cara Menghapus Blog Secara Permanen). Kaprikornus kalau Anda benar-benar ingin menghapus akun Google Anda, lebih baik melaksanakan backup terhadap blog Anda. (Baca Cara Backup Postingan dengan Utuh di Blogspot).

Menghapus Gmail atau Akun Google Secara Permanen

Jika Anda benar-benar berniat ingin menghapus akun Google Anda secara permanen atau selamanya, maka ikuti langkah-langkahnya berikut ini. Contoh dibawah ini akan menghapus akun Google milik bloGoooblok yang lain. Akun ini dibentuk khusus sebagai sarana percobaan. (Baca juga Cara Praktis Membuat Email Gmail).

  • Login ke akun Google Anda (Gmail). 
  • Pada pojok kanan atas, tepatnya dibagian foto profil, silahkan di klik. Lalu klik lagi Account/Akun
  • Saat terbuka, arahkan kursor Anda pada tab Data Tools, kemudian cari kata-kata Delete account and data (Hapus akun dan data), kalau nemu, silahkan di klik.
  • Halaman selanjutnya (lihat gambar) Anda akan disodorkan informasi dan pilihan, produk apa saja yang ingin Anda hapus, kalau semua data yang diminta ingin Anda hapus, silahkan beri tanda centang. Lalu masukkan pasword Gmail Anda dan terakhir klik Delete Google Account. 
  • Terakhir, Google akan memberi Anda informasi bahwa akun Anda telah sukses dihapus, walau dengan sangat menyesal, Google tak dapat menahan Anda untuk menghapus akun ini. Langkah paling simpulan yaitu memberitahukan Google alasan Anda menghapus Akun, silahkan dipilih kemudian klik Submit. 
Baca Juga  Cara Gampang Mendaftar Instagram Lewat Komputer

Walau Anda berhasil menghapus akun Google, namun Google masih berbaik hati. Anda masih diberi batas waktu untuk mengembalikan akun tersebut suatu waktu. Silahkan ikuti caranya dengan menghubungi sentra layanan Google. Semoga tidak ada penyesalan dalam diri Anda. 🙂

Posted in: