Cara Menginstal WordPress Di Cpanel Terbaru

Setelah membeli domain dan hosting di situs web hosting, langkah selanjutnya untuk menciptakan website yaitu menginstalkan CMS (content management system) ke situs tersebut. Salah satu CMS yang paling sering dipakai yaitu WordPress.

Namun, untuk menginstal WordPress kita harus mempunyai kanal ke cPanel. cPanel yaitu online Control Panel yang sanggup dipakai untuk mengatur website, menciptakan email account dan banyak hal lainnya menyerupai instalasi script.

(Baca: Cara Membeli Domain dan Hosting di Indowebsite)

Jika Anda mengikuti isyarat pada postingan sebelumnya, maka gosip untuk mengakses cPanel akan dikirim ke email Anda dengan email berjudul Detail Hosting Anda. Dalam email itu terdapat username dan password yang sanggup dipakai untuk login.

Sedangkan untuk mengakses halaman cPanel, Anda hanya perlu mengetikkan domain website Anda ditambah /cpanel di belakangnya. Contoh: http://domain.com/cpanel.

Beli Domain dan Hosting di Indowebsite

Karena pada percobaan sebelumnya, kita membeli cloud hosting, maka cPanel yang kita gunakan yaitu versi terbaru. Tampilannya juga sangat jauh berbeda dengan cPanel sebelumnya.

Berikut langkah-langkah menginstal WordPress di cPanel:

  • Pertama-tama login ke akun cPanel Anda
  • Jika berhasil login maka tampilannya menyerupai berikut ini. 
Ini tampilan cPanel 11.52.2.1 yang terbaru 
Ini tampilan Cpane VPS Optimazed 3 yang lama
  • Untuk menginstal WordPress, kursor ke bab paling bawah hingga menemukan tab Softaculous Apps Installer. Pada bab Scripts klik WordPress. 
  • Anda kemudian akan dibawa ke halaman Softaculous. Pada bab ini, gosip wacana wordpress akan diberikan. Biasanya akan muncul wordpress versi terbaru. Kemudian klik Install kalau sudah yakin dengan pilihan ini. 
  • Setelah itu akan muncul halaman baru. Pada bab ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan. 

Pertama : Dibagian Software Setup, kalau gres pertama kali melaksanakan penginstalan silahkan hapus goresan pena WP di bab in Directory. Lihat gambar diatas yang berwarna merah.
Kedua : Pada bab Site Setting, silahkan isi site name dan site desciption. Bagian ini bahwasanya sanggup diubah dilain waktu.
Ketiga : Pada bab Admin Account. Hal ini harus benar-benar diperhatikan. Buat admin username Anda dan passwordnya dengan teliti dan sulit. Usahakan goresan pena dibawahnya berwarna hijau, kalau perlu skornya hingga 100.
Keempat : Pada bab Choose Language, silahkan pilih bahasan yang ingin Anda gunakan.
Kelima : Jika ingin eksklusif menentukan thema, sanggup dibagian ini, namun juga sanggup dilain kesempatan. Setelah itu, jangan lupa mengisi email di bab email installation details di bab bawah. Nantinya, detail penginstalan akan dikirim ke email tersebut.
Tarakhir, klik Instal.
  • Jika berhasil akan muncul halaman dengan goresan pena menyerupai Congratulations, the software was installed successfully. Itu artinya, Anda berhasil mengintal WordPress di website Anda. Dan situs yang sebelumnya bertuliskan underconstruktion telah muncul dengan tampilan dasar Wodrpress. 
Baca Juga  Pedoman Google Penelusuran untuk AMP

Bagaimana, gampang bukan!

Untuk lebih lengkapnya, baca Penjelasan Dasar WordPress untuk Pemula 

Selanjutnya, untuk mengakses halaman admin dashboard situs Anda, sisa mengetikan alamat domain di browser seraya menambahkan parameter berikut di belakang alamat domain: /wp-admin. Contoh: http://domain.com/wp-admin

(Baca: Cara Membeli Domain dan Hosting Yang Bagus)

Untuk tahap ini, cukup sekian. Kalau masih ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah ini.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

Posted in: