Cara Meningkatkan Rangking Blog Dengan Alexa Berbayar

Banyak blogger salah kaprah dengan kemudahan premium dari Alexa. Ada yang mengira dengan mengeluarkan budget ratusan sampai jutaan ribu dalam sebulan akan mempercepat rangking Alexa mengecil. Padahal, faktor utama yang menciptakan Alexa mengecil yakni trafik dan konten.

Lalu untuk apa ada kemudahan berbayar dari Alexa?

Pertanyaan ini mungkin banyak terngiang dibenak banyak blogger, mengapa harus mengeluarkan banyak uang untuk mendapat rangking Alexa yang keren. Jawabannya sederhana, Alexa akan menampilkan banyak klue semoga blogger dapat memaksimalkan trafik dan kata kunci tertarget.

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh mereka yang sudah berlangganan Alexa berbayar. Hal inilah yang Blogooblok akan ulas pada postingan ini. Alat-alat yang disediakan Alexa berbayar memang jauh berbeda dengan Alexa gratisan.

(Baca Juga: Cara Lengkap Verifikasi Blog di Situs Baru Alexa)

Disatu sisi, berlangganan Alexa memang akan memberi value lain dari claim biasa. Namun, kembali lagi, trafik yang baik dan konten yang berkualitas yang akan menentukan rangking mengecil atau tidak.

Berikut hal-hal yang dapat dilihat ketika berlangganan Alexa:

Khusus pada bab Competitive Intelligence atau tampilan site secara menyeluruh, kita dapat mengakses semua warta tanpa ada batasan. Ada empat komponen utama yang disediakan Alexa, yang pertama Site Overview itu sendiri, kedua, Site Comparisons, Sites Linking In dan Site Keyword.

Yang bikin banyak orang menentukan berlangganan Alexa alasannya semua alat-alat itu dapat diakses bahkan untuk mengintip kekuatan blog orang lain. Kita dapat mencari tahu apa saja kata kunci utama yang blog lain pakai dan itu dapat dijadikan tolak ukur untuk bersaing secara sehat.

Pada bab Site Comparisons juga tidak terbatas pada satu atau dua situs saja yang dapat dianalisa. Bahkan warta pendukung lainnya juga ditampilkan.

Baca Juga  Cara Lengkap Verifikasi Blog Di Situs Gres Alexa

(Baca Juga: Apa Itu Alexa Internet dan Manfaatnya Buat Blog?)

Misal perbandingan antara Blogooblok dan Kompas berikut ini. Kita dapat tahu, kalau Kompas ternyata lebih banyak dikunjungi dari direct, bukan dari mesin pencari, sementara Blogooblok lebih besar dari mesin pancari.

Sedangkan pada bab Sites Linking in, semua situs yang memberi link dofollow ke blog kita akan ditampilkan, bahkan lebih spesifik ke laman dimana link itu ditanamkan. Jika pada Alexa gratisan kita hanya dapat melihat lima link tertaut, disini semua link ditampilkan.

Bagian terakhir, yakni Site Keywords, Alexa akan menampilkan semua kata kunci yang lebih banyak didominasi ke blog kita. Tidak hanya itu, ada juga kata kunci berbayar yang ditampilkan serta kompetisi kata kunci. Khusus untuk tampilan ini, Blogooblok menampilkan kata kunci milik Kompas.com.

Jika berpikir hanya itu yang dapat dilihat dari Alexa berbayar, maka Anda salah. Kita juga dapat mengakses Dashboard dan melihat sejumlah tools yang bermanfaat.

(Baca Juga: 3 Cara Praktis Tentukan Long Tail Keyword)

Yang paling penting dari bab Dashboard yakni bab Audits For Your Site. Disini kita dapat memperbaiki kesalahan struktur dari blog kita. Alexa akan merekomendasikan hal-hal apa yang harus dilakukan untuk blog kita.

Jika mengklik See Report maka akan muncul tampilan menyerupai berikut ini. Setiap laporan ada tutorial bagaimana cara menuntaskan kesalahan tersebut. Hal inilah yang menciptakan Alexa berbayar lebih profesional dari Alexa gratisan.

Pada bab inilah cara mengoptimalkan Alexa dengan teknik SEO dibutuhkan. Laporan diatas, bukan milik Blogooblok namun, sebagai rujukan hal-hal itulah yang sebetulnya diharapkan oleh blog kita semoga rangking Alexa dapat lebih cepat ramping.

Baca Juga  Apa Itu Feedburner Dan Bagaimana Membuatnya?

Selain beberapa hal diatas, ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan Alexa berbayar, namun sekali lagi, semua itu akan seiring sejalan dengan trafik yang tinggi dan konten yang berkualitas.

(Baca Juga: Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow)

Blogooblok tidak memakai layanan Alexa berbayar untuk tinggi rangkingnya. Meski ketika ini sedang turun alasannya jarang diupdate, namun hal cara alami lebih baik dilakukan. Anda harus berpikir banyak kali untuk memakai layanan ini jikalau hanya blog sementara, kecuali untuk bisnis, berlangganan Alexa mesti dipertimbangkan.

Oh iya, salah satu cara melihat blog mana yang pernah berlangganan Alexa dengan melihat logo mereka. Jika dicek dan muncul logo serta alamatnya, maka dapat dipastikan mereka pernah berlangganan Alexa. Logo ini akan ada selamanya bahkan tidak berlangganan lagi.

+Wisa Rahardi

Posted in: