CMS Library Information System Full Free Download Slims


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN GRATIS (free)
FULL VERSION
Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source
Senayan pertamakali digunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional. Pengembangan Senayan dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community). Di koordinir oleh Hendro Wicaksono, dengan Programmer Arie Nugraha, Wardiyono. Sementara dokumentasi dikerjakan oleh Purwoko, Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, Arif Syamsudin. Pada Januari 2012, developer SLiMS bertambah 2 orang, yaitu: Indra Sutriadi Pipii (GOrontalo) dan Eddy Subratha (Jogjakarta).
Selain itu, ada pula programmer Tobias Zeumer (tzeumer@verweisungsform.de), dan Jhon Urrego Felipe Mejia (ingenierofelipeurrego@gmail.com).
Situs resmi SLiMS, saat ini ada di http://slims.web.id
Union Catalog Server
Untuk memenuhi kebutuhan pembuatan katalog induk, maka sejak versi Senayan 3 Stable14, ditambahkan fitur Union Catalog Server (UCS). Katalog induk adalah katalog yang rekod katalog-nya merupakan gabungan dari dua perpustakaan atau lebih. Dengan UCS maka perpustakaan-perpustakaan bisa menggabungkan rekod katalog mereka ke dalam sebuah katalog besar yang memudahkan pemustaka dalam menemukan koleksi yang mereka butuhkan. Beberapa contoh dari katalog induk online yang sudah berjalan dengan menggunakan UCS adalah:
·         Jogjalib
·         Makassarlib
·         Primurlin

Fitur-fitur SLIMS untuk pengelolaan perpustakaan
Slims menyediakan berbagai menu yang dapat digunakan untuk pengelolaan perpustakaan dari mulai kegiatan pengolahan, pelayanan, pengadaan, pemeliharaan, administrasi dan lain-lain. Adapun menu-menu tersebut antara lain :
Bidang Administrasi
1.      Menu Keanggotaan
Untuk mengadministrasi berbagai kegiatan di perpustakaan sekolah, slims menyediakan menu keanggotaan, dimana salah satu kegiatan administrasi perpustakaan adalah menerima anggota baru, membuatkan kartu anggota, melaporkan jumlah anggota baik anggota dari unsur sivitas akademika di sekolah, maupun dari pengunjung umum.
Menu laporan dan statistik
Menu ini sangat dibutuhkan oleh para pustakawan untuk melaporkan semua kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan baik peminjaman, pengembalian, jumlah pengunjung, jumlah anggota dan lain-lain, semua laporan tersebut merupakan tugas dibidang administrasi perpustakaan
2.      Bagian Pengolahan
Menu bibliografi
Menu ini disediakan untuk kegiatan pengolahan bahan pustaka, dimana para pustakawan dituntut untuk dapat mengolah bahan pustaka secara cepat, tepat dan efektif. Oleh sebab itu menu ini sangat membantu para pustakawan untuk melakukan berbagai kegiatan di bagian pengengolahan.
3.      Menu Inventarisasi
Menu ini sangat berguna bagi pustakawan di pengolahan karena membantu sekali dalam memverifikasi data buku yang ada dan tidak ada ketika perpustakaan sudah berjalan. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan saat ini.
Bidang pelayanan
4.      Menu Sirkulasi
Menu ini dibuat untuk mengakomodir kebutuhan pustakawan dibagian layanan, yaitu untuk berbagai kegiatan dilayanan, misalnya peminjaman dan pengembalian, laporan denda, laporan kunjungan, laporan kunjungan terajin masuk perpustakaan, laporan buku baru

berikut penampakannya:




download juga:
Klik link dibawah ini:



untuk dapat CMS Perpustakaan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download: SOURCE CODE

Baik kawan-kawan.. sekian yang dapat saya sampaikan. semoga bermanfaat dan salam sikses
sumber: http://slims.web.id
Baca Juga  Cara Menentukan Siapa Yang Muncul Terlebih Dahulu Di Bab Atas Beranda Facebook

Tinggalkan Balasan