Gara-gara Teknologi Otak Kita Menjadi Menyusut

Tahukah kamu bahwa manusia mengalami penciutan ukuran otak yang signifikan dalam jangka waktu 20 ribu tahun? Pengecilan ukuran otak ini sebenarnya baik kok, karena dahulu otak manusia yang besar diandalkan untuk mengolah informasi di sekitarnya dalam menggunakan perkakas dan mempelajari komunikasi.

penyusutan-otak-akibat-teknologi-1

Seiring berkembangnya zaman, otak manusia kehilangan ukuran otak kurang lebih sebesar bola baseball. Penyebabnya adalah karena tubuh manusia juga secara bertahap mengecil dari zaman ke zaman dan mulai mengandalkan teknologi sebagai alat bantu kehidupan seari-hari. Namun Apakah otak mengecil merupakan hal yang buruk?

FAKTA: Gara-gara Teknologi, Otak Kita Terus Menyusut
Otak Mengecil Pertanda Bagus

Gimana bisa sih otak yang mengecil justru pertanda bagus? Sebenarnya penyusutan yang terjadi pada otak merupakan perihal evolusi yang tidak unik dan terjadi pada banyak sekali kasus makhluk hidup, termasuk binatang. Peningkatan tingkat kepintaran dari seseorang mengakibatkan ia tidak membutuhkan otak yang besar seperti yang dimiliki oleh manusia pada zaman dahulu.

penyusutan-otak-akibat-teknologi-2

Semua itu dikarenakan manusia modern sudah memiliki teknologi di luar tubuhnya yang dapat diandalkan, sehingga ia tidak harus menyimpan dan mengingat semua informasi di dalam otak melainkan cukup menyimpan informasi tersebut ke media lain contohnya smartphone maupun komputer.

Namun kita juga perlu sadar bahwa teknologi seperti internet jangan sampai mengganggu produktivitas dan harus kita perlakukan sebagai perpanjangan tangan. Maka dari itu, berikut ini ada 5 tips untuk membuat kamu lebih baik dalam menggunakan internet, seperti yang telah dijelaskan oleh LinkedIn.

5 Tips Membuat Hidup Lebih Baik Dengan Menggunakan Internet

penyusutan-otak-akibat-teknologi-3

  • Hilangkan kesemrawutan. Jangan ragu untuk menghapus setiap email yang kamu nilai tidak penting. Itu juga berlaku pada SMS dan daftar kontak di smartphone sehingga hidup kamu dapat sedikit lebih tertata.
  • Pasang notifikasi untuk topik yang kamu suka. Hal ini berlaku jika kamu membutuhkan akses maupun kabar cepat mengenai topik tertentu. Jangan lupa untuk subscribe ke situs yang kamu butuhkan sehingga kamu bisa mendapatkan info secara cepat mengenai hal yang kamu inginkan.
  • Usahakan untuk bekerja menggunakan aplikasi dibandingkan web. Memang sih kini kita sulit terlepas dari yang namanya internet. namun untuk hal-hal seperti cek email, menulis, bahkan mendesain gambar ada banyak aplikasi yang dapat diandalkan di PC maupun smartphone. Adanya aplikasi membuat kamu lebih fokus karena tidak terganggu dengan godaan untuk membuka situs-situs lain yang tidak penting.
  • Berhenti periksa email, aplikasi, dan notifikasi. Sekilas, poin ini tampaknya bertentangan dengan poin-poin sebelumnya, namun kamu perlu tau bahwa terlalu sering memeriksa notifikasi membuat hidup tidak tenang dan tidak fokus. Aturlah waktu yang tepat untuk memeriksa email secara berkala sehingga kamu gak harus memeriksanya berulang-ulang kali.
  • Belajar fokus. Melatih diri untuk fokus memang cukup sulit, akan tetapi semua itu bisa diwujudkan jika kamu memang berusaha untuk membiasakan diri untuk melakukan segalanya secara terorganisir. Tidak perlu terburu-buru, namun konstan adalah kuncinya.
  • Itulah informasi mengenai pengaruh teknologi terhadap otak manusia berikut tips dalam menggunakan internet agar lebih produktif dan lebih baik.
Baca Juga  SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN PHP MySQL Gratis

Tinggalkan Balasan