Google Adsense Rasa Baru

Tepat 12 Oktober 2016, Google Adsense melaksanakan transformasi besar-besaran pada tampilannya. Jika dahulu, tampilan dasbor Adsense terlihat sederhana namun rumit digunakan. Kali ini, Google menyuntikkan rasa gres dengan gaya yang lebih kekinian.

Mungkin sebagian teman-teman yang bermain Adsense sudah mengetahui hal ini. Sebenarnya sudah semenjak tanggal 13 Oktober 2016 saya tahu informasi ini. Namun gres sempat menuliskannya sekarang. Selain saya selalu menunda-nunda perubahan tampilan ini alasannya yakni merasa masih nyaman dengan yang lama. Saya juga harus menuntaskan goresan pena lainnya.

Susah memang jikalau seketika harus pindah kelain hati. 🙂

Saya sudah curiga dengan eror yang terjadi pada akun Adsense saya di tanggal 12 Oktober. Setelah mengintip apa yang terjadi di Forum Google Adsense, kesudahannya saya tak ambil pusing dengan problem itu.

(Baca Juga: Cara Pasang Iklan Adsense di Tengah Postingan)

Saya cuma bertanya-tanya, apakah mungkin, penghasilan Adsense saya dibulan sebelumnya yang dipotong 50 dollar lebih juga ada kaitannya dengan ini. Entahlah. Saya tulus saja apapun yang terjadi. Toh, ini juga untuk jangka panjang. Biarlah terpotong sekali-kali. Asal jangan sering-sering saja.

Kembali ke tampilan gres Google Adsense. The new AdSense user interface (UI) ini cukup ceriah berdasarkan saya. Bentuknya juga mirip-mirip sosial media. Karena kita dapat menentukan apa saja yang mau ditampilkan di homepage kita. Warna lebih banyak didominasi biru yang dihadirkan Google menambah rasa adem melihat penghasilan kita.

Berikut overview tampilan Adsense yang baru.

Jika melihatnya sepintas, memang sangat beda dengan tampilan Adsense sebelumnya. Menu yang biasanya ada dibagian atas, kini pindah disebelah kiri dan hanya muncul ketika kita menentukan menu. Tampilan tab yang dipilih pun akan melebar sesuai ukuran layar dakstop kita.

Baca Juga  Jangan Pakai Bri Untuk Pencairan Google Adsense

(Baca Juga: Cara Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube)

Soal warna, sebetulnya sudah lebih dahulu dipakai Google Adsense dalam versi apps mobile. Tampilan yang muncul di dekstop ini juga yakni pengembangan dari versi mobilenya. Tim Google membutuhkan waktu pengerjaan selama satu tahun untuk menampilkan karya yang menawan ini.

Tampilan inipun masih belum tepat sepenuhnya. Karena tim Google masih akan melaksanakan pembaharuan seiring berjalannya waktu.

Secara keseluruhan, berikut 3 hal yang ada dalam tampilan gres Google Adsense.

1. Tampilannya yang lebih sederhana
Google mengadopsi prinsip-prinsi desain material dengan homepage yang sepenuhnya didesain ulang. Penambahan warna biru di bab atas menciptakan perbedaan mencolok dari versi yang sebelumnya. Pihak Google juga berjanji akan melaksanakan perbaikan lebih lanjut untuk tampilan ini.

2. Penambahan fitur pin
Entah ada kaitannya dengan pinters, namun tampilan gres Adsense ini menambahkan keunggulan lain. Yakni kita dapat mengatur tampilannya sesuai dengan anutan kartu interaktif. Kita dapat melaksanakan pin jikalau kartu yang dimunculkan yakni yang berdasarkan kita penting. Sehingga ketika membuka dasbor, kartu tersebut akan tetap ada.

Selain pin, kita juga dapat merubah tampilan dengan menggesernya. Jika ingin tampilan kartu yang lebih banyak, Google juga menyediakan dengan banyak sekali pilihan yang ada. Seperti situs yang kita miliki, unit iklan yang paling terkenal dan masih banyak lagi.

3. Menu kafetaria yang lebih ramping
Seperti yang saya katakan sebelumnya. Tampilan Google Adsense sebelumnya menempatkan hidangan gres dibagian atas. Kali ini, Google melaksanakan perampingan dengan meletakkan hidangan di sebelah kiri. Menu hanya akan tampil jikalau diklik logo hidangan di kiri atas.

Semua hidangan yang diperlukan ada di sana. Mulai dari iklan sampai pengaturan. Sebelumnya, hidangan pengaturan ini ada dikanan atas, tepat di samping foto icon. Saat ini hidangan tersebut disimpan di sebelah kiri bersama semua menu. Ini tentu memudahkan untuk melaksanakan perubahan lain-lainnya. Dibagian kanan atas sisa notifikasi dan icon akun.

Baca Juga  Jangan Pakai Bri Untuk Pencairan Google Adsense

(Baca Juga: Cara Upgrade Akun Google Adsense Makara Full Approve)

Secara tampilan keseluruhan, memang tidak merubah fungsi tiap-tiap menu. Mungkin hanya ada satu hal yang sedikit berubah. Yakni ketika akan menambahkan unit iklan baru. Kita akan disuguhi dua pilihan ketika akan menciptakan iklan. Yakni text & display ads dan Matched content. Setelah itu, semua fungsinya sama.

Untuk melaksanakan perubahan tampilan ini, tunggu saja ketika Adsense menawarkan. Jika membuka dasbor Adsense dan muncul tampilan menyerupai berikut. Terima saja dan ikuti prosesnya sampai selesai. Tidak susah kok, cukup dua tiga kali klik dan semua tampilannya berubah.

Perubahan ini juga terjadi ketika registrasi akun Adsense yang baru. Saat diterima maka akan muncul pilihan diatas juga. Apakah mau memakai versi yang usang atau memakai tampilan baru. Semuanya tergantung dari selera Anda. Tapi saya yakin, banyak orang yang mau mencoba tampilan gres ini.

Cukup menarik dan yummy dipandang mata. Apalagi kalau angka-angka yang dimunculkan selalu besar setiap harinya. Enak sekali. 🙂

Salam Freedom Writers!
+Wisa Rahardi

Posted in: