IT SUPPORT Part I

PENGENALAN KOMPUTER Part I

Apakah Komputer Itu?
Komputer adalah perangkat elektronik, beroperasi di
bawah perintah pengendali yang disimpan pada memori komputer, dapat menerima data, memproses data berdasarkan aturan tertentu, mencetak hasilnya dan menyimpan data untuk penggunaan dimasa depan.

Struktur Dasar Komputer

Data dan Informasi
Keuntungan Menggunakan Komputer 
– Kecepatan Operasi 
– Kehandalan dan Kepercayaan 
– Konsistensi (GIGO) 
– Kapasitas Penyimpanan Besar 
– Komunikasi dan Pertukaran Informasi
Data dan Informasi
Kerugian Menggunakan Komputer 
– Pelanggaran Kerahasiaan Pribadi 
– Dampak terhadap Tenaga Kerja 
– Resiko Kesehatan 
– Dampak terhadap Lingkungan


Siklus Pemrosesan Informasi
Komputer memproses data (input) menjadi informasi (output). Sebuah komputer menyimpan data, informasi dan perintah dalam tempat penyimpanan untuk digunakan di masa depan. Perintah merupakan langkah – langkah yang dibuat agar komputer dapat menyelesaikan pekerjaan. Rangkaian input, proses, output dan media penyimpanan dimasukkan kedalam siklus pemrosesan informasi (information processing cycle).

Komponen-komponen Komputer
  • Perangkat input (input device) adalah komponen piranti keras yang kita gunakan untuk memasukkan data dan perintah kedalam komputer. Perangkat input yang digunakan secara luas adalah keyboard, mouse, mikrofon, pemindai (scanner), kamera digital dan kamera video PC.
  • Perangkat Output (output device) adalah komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada satu atau banyak orang. Media output yang digunakan secara umum adalah printer, monitor dan pengeras suara (speaker)
  • Unit komputer (system unit) adalah tempat yang terdiri dari komponen – komponen untuk memproses data. Sirkuitnya biasanya adalah bagian dari atau tersambung dengan papan sirkuit yang disebut motherboard. Dua komponen utama dari motherboard adalah prosesor dan memori. Prosesor disebut juga Central Processing Unit yang fungsinya untuk menerjemahkan dan menjalankan perintah dasar untuk mengoperasikan komputer. Memori digunakan untuk menyimpan perintah yang akan dijalankan dan kebanyakan bersifat sementara.
  • Perangkat penyimpanan (storage device) adalah piranti yang digunakan untuk menyimpan data, perintah dan informasi untuk penggunaan di masa mendatang, umumnya bersifat permanen. Contoh media penyimpanan adalah floppy disk, USB flash drive, hard disk, CD, DVD serta Memory card.
  • Perangkat komunikasi (communication device) adalah komponen piranti lunak yang digunakan komputer untuk mengirimkan dan menerima data, perintah dan informasi ke dan dari satu atau banyak komputer. Media komunikasi yang umum misalnya modem. Komunikasi berlangsung melalui kabel, sambungan telepon, jaringan radio seluler, satelit dan media transmisi lainnya.  
Baca Juga  Apa itu FTP Server? FTP Adalah ...

Tinggalkan Balasan