Komponen Pembentuk Jaringan

Jaringan Komputer

Komponen Pembentuk Jaringan

A. Komponen perangkat keras

  1. Media transmisi, merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer atau peripheral lainnya. Media ini juga berfungsi sebagai distribusi informasi. Media transmisi meliputi berbagai macam bentuk kabel yaitu Coaxial, UTP (Unshielded Twisted Pair), STP (Shielded Twisted Pair), Serat optik.
  2. Network Interface Card (NIC), merupakan komponen logika termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan tata cara pengontrolan transmisi data. Contoh dari NIC adalah ARCnet dan Ethernet.
  3. Konektor, merupakan peripheral yang menghubungkan media transmisi (kabel) dengan NIC.
    Contoh konektor adalah T-Connector, RJ 11 & RJ 45, Duplex style connector atau Epoxy connector.
  4. Hub, merupakan media yang akan menerima data dai semua port yang terhubung dan secara otomatis mentransmit data keseluruh port lainnya.
  5. Modem, merupakan singkatan dari Modulator Demulator. Pada sisi pengirim modem berfungsi untuk menerjemahkan data dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog. Sedangkan sisi penerima modem berfungsi untuk memisahkan data dari frekuensi pembawa dan menerjemahkan data dalam bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital

B. Komponen perangkat lunak

Komponen perangkat lunak meliputi sistem operasi jaringan (Network Operating System _ NOS) dan aplikasi.

Sistem operasi jaringan merupakan komponen yang penting dalam membangun suatu jaringan karena sistem operasi jaringan berfungsi sebagai pembentuk pola operasi jaringan.

Untuk model jaringan peer to peer sistem operasi yang digunakan adalah windows 9X, windows Me, dan novell) sedangkan untuk model jaringan Client Server SO yang digunakan adalah Novell Netaware 3.x, windows NT, 2000 server, Unix, Linux).

Baca Juga  Gara-gara Teknologi Otak Kita Menjadi Menyusut

Tinggalkan Balasan