Memantau Markup Struktur Data

CV. Argalyta | IT Managed Services dan Jasa Pembuatan Website

Jika Google memahami markup di laman Anda, Google dapat menggunakan informasi ini untuk menambahkan cuplikan kaya dan fitur lainnya ke hasil penelusuran Anda. Misalnya, cuplikan penelusuran untuk restoran mungkin menampilkan ulasan rata-rata dan rentang harganya. Anda dapat menambahkan data terstruktur ke laman menggunakan kosakata schema.org dan format seperti Microdata dan RDF, serta pendekatan lain seperti Microformat. Anda juga dapat menambahkan data terstruktur dengan memberi tag pada data di laman menggunakan Penyorot Data.

Laman Data Terstruktur di Search Console menampilkan informasi terstruktur yang dapat dideteksi Google di situs Anda. Laman Data Terstruktur tersebut juga memberikan informasi tentang kesalahan dalam markup laman yang dapat mencegah cuplikan kaya (atau fitur penelusuran lainnya) ditampilkan.

Laman Data Terstruktur menampilkan daftar tiap jenis data terstruktur yang ditemukan di situs Anda yang, jika ada, memiliki kesalahan.

Daftar item data terstruktur hanya mencantumkan entitas tingkat atas yang ditemukan di laman. Misalnya, jika laman Anda berisi schema.org/Event yang berisi schema.org/Place, hanya item Event yang akan dihitung.

Jika Anda menggunakan microformat, microdata, atau RDF untuk menambahkan data terstruktur ke laman, namun laman tersebut tidak dicantumkan di sini, gunakan Alat Pengujian Data Terstruktur untuk menguji apakah Google dapat mengakses dan memahami konten yang diberi markup.

Mendiagnosis dan memperbaiki kesalahan markup

1. Periksa jenis data terstruktur yang memiliki kesalahan

Anda dapat melihat detail untuk setiap jenis data pada tabel di bawah grafik. Untuk membantu Anda memprioritaskan, jenis data diurutkan sebelumnya berdasarkan item dengan paling banyak kesalahan. Di sini, suatu “item” merujuk pada satu tag HTML dalam kode sumber laman Anda. Misalnya, jika Anda memiliki jenis data Film dengan 3000 item dengan kesalahan dan jenis data Tempat dengan 42 item dengan kesalahan, mungkin baik memulai dari Film.

Baca Juga  Cara Supaya Artikel Berada di Urutan Teratas Ranking Satu Google

2. Menyibak kesalahan tertentu

Klik pada jenis data terstruktur di dalam tabel untuk melihat pengelompokan item mendetail yang memiliki kesalahan untuk jenis tersebut. Kami akan menampilkan daftar kepada Anda hingga 10.000 URL, bersama dengan jumlah item dengan kesalahan dan kesalahan tertentu. Anda dapat mengeklik setiap URL untuk melihat markup yang kami temukan di dalamnya, seperti jenis item dan properti.

Ada dua jenis kesalahan data terstruktur yang berbeda:

Bidang yang tidak ada

Misalnya: untuk cuplikan kaya acara, lokasi dan artis ditandai, namun bukan tanggal memulai.
Rating terbaik atau terburuk tidak ada

Misalnya: produk yang diberi nilai pada skala poin 5, namun nilaiTerbaik (5) atau nilaiTerburuk (1) tidak diberi markup.

3. Perbaiki markup di situs Anda

Gunakan contoh dari kesalahan Data Terstruktur sebagai titik awal penyelidikan Anda. Cara Anda memperbaiki masalah tergantung pada cara markup awalnya diterapkan di situs Anda. Misalnya, masalah dengan markup dapat dikarenakan setelan sistem pengelolaan konten (content management system/CMS) Anda.

Jika Anda perlu bantuan selengkapnya, jangan ragu untuk mengeposkan di bagian Data Terstruktur yang didedikasikan pada Forum Bantuan Webmaster.

4. Pastikan bahwa markup yang diperbarui benar

Masukkan URL laman atau kode HTML yang berisi markup dalam Alat Pengujian Data Terstruktur untuk melihat apakah markup Anda ada dan benar.   Meskipun Alat Pengujian Data Terstruktur tidak menampilkan kesalahan, memerlukan beberapa waktu hingga laman dirayapi dan diproses kembali agar perubahan ditunjukkan pada dasbor Data Terstruktur.

One Comment

Tinggalkan Balasan