Membuat Dan Memasang Google Groups Di Blogspot

Jika Anda bahagia memakai Google Groups, maka tak ada salahnya menciptakan kemudian memasangnya di blog. Fasilitas lembaga diskusi dari Google ini, semakin easy looking dan gampang dipakai sehabis Google melaksanakan update.

Produk Google yang satu ini punya banyak fungsi dan kegunaan. Anda dapat melaksanakan interaksi secara online dan membahas topik apa saja. bloGoooblok juga sudah memasang akomodasi ini. Tujuannya, supaya terjadi interaksi yang lebih intens antara pengunjung dan admin.

Silahkan bergabung dengan Forum kami Disini atau klik Forum di tab menu.

Membuat dan memasang Google Groups di blog sangat gampang dan gratis. Anda hanya butuh satu akun Google (email). Selain dapat dipasang di blogspot, Google Groups juga dapat dipasang di WordPress. Namun tutorial kali ini hanya membahas cara memasangnya di Blogspot.

Berikut langkah-langkahnya:

Membuat Forum ala Google Groups

Saat menciptakan Google Groups, ada baiknya Gmail Anda dalam keadaan login, jikalau pun belum maka dikala masuk ke laman Google Groups terlebih dahulu lakukan login. Lengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Anda akan dibawa ke halaman pengisian form. Isi data-data yang diminta. Paling atas ialah nama untuk Groups yang akan dibuat. Group email akan sendirinya terisi sesuai dengan nama group. Lalu isi deskripsi group. Jika mau memakai bahasa Indonesia, pilih di Group’s Primary Language. Yang paling penting ialah bab Group Type. Secara defaul ada empat pilihan, namun dua yang paling penting. Yakni Web Forum dan Q&A Forum. Silahkan pilih sesuai kebutuhan Anda. Web Forum berisi gosip yang lebih luas, sedangkan Q&A Forum hanya untuk tanya jawab semata. Dibagian bawahnya hanya pengaturan opsional. Jika sudah, klik Create. 
  • Anda akan diminta melaksanakan verifikasi. Silahkan masukkan angka yang tertera kemudian klik Continue.
  • Tradaaaa… Forum Anda sudah jadi.

Memasang Forum Google Groups di Blogspot

Setelah berhasil menciptakan Google Groups, gotong royong Anda sudah dapat menciptakan tread dan mengundang orang-orang untuk berdiskusi di lembaga itu. Namun, selain dapat dilakukan di Google Groups, lembaga ini juga dapat dipindahkan ke blogspot. Berikut langkah-langkahnya:

  • Dibagian kanan atas group Anda, klik tanda yang bergerigi kemudian pilih Group Setting. 
  • Kursor halaman kebagian bawah dan lihat dibagian Embedding Your Group. Copy script yang muncul. 
  • Selanjutnya, masuk ke dasboard blogspot Anda. Lalu pilih Laman dan buat Laman Baru. Ubah halaman ke mode HTML kemudian paste script yang telah dicopy tadi. Isi judul sesuai kemauan semisal Forum. Silahkan melaksanakan pengaturan sesuai ukuran template Anda. Untuk merubah lebar ubah di bab Width dan panjang dibagian Heigth. Lalu klik Publish. 
  • Selamat Forum Google Groups Anda sudah jadi. 
Baca Juga  Wow... Blogger Ini Menghasilkan 1 Juta Dollar Di 2014

Bergabung dengan Forum bloGoooblok

Forum yang dibentuk oleh bloGoooblok tidak terbuka secara umum. Anda harus login supaya dapat berpartisipasi. Namun jangan khawatir, tidak ada syarat mutlak supaya Anda diterima. Cukup mendaftar memakai akun google Anda. Kami akan segera melaksanakan approve dikala Anda mendaftar.

Langkah ini kami buat supaya tidak terjadi spam berkepanjangan di group. Jika Anda bergabung di Forum bloGoooblok Anda sekaligus dapat mempromosikan blog Anda. Kami akan dengan bahagia hati melaksanakan review dan segala macamnya.

Berikut cara bergabung ke Forum bloGoooblok :

  • Klik Forum di tab menu
  • Ada dua cara untuk bergabung, Apply for Membership atau Contact the Owner. Pilih yang pertama saja. 
  • Akan muncul aplikasi untuk bergabung. Anda dapat mengcentang Link to my Google Profile supaya wajah Anda kelihatan dan sebagainya. Lalu klik Apply to Join This Group.
  • Tunggu beberapa dikala sampai aplikasi Anda disetujui.
  • Jika berhasil menjadi member, maka tampilan forumnya sebagai berikut. 
  • Anda sudah dapat melaksanakan diskusi dan bertanya banyak hal soal blog dan bisnis online. Aturannya simple saja, jangan menciptakan spam dan diskusi yang mengandung SARA dan pornografi. 

Selamat mencoba!

Posted in: