Menambahkan Contact Form Di Sidebar Blogger

Akhirnya blogger menghadirkan juga widget formulir kontak atau contact form miliknya sendiri. Memang ini sudah terbilang lama. Namun, kini Anda tidak lagi harus bergantung pada pihak ke-3 untuk menciptakan formulir kontak tersebut.

Pada postingan terdahulu, bloGoooblok pernah membahas Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog dengan memakai 123ContactForm.

Pada postikan ini, kita akan membahas bagaimana menambahkan Contact Form di Blogger, khususnya dibagian sidebar. Anda juga sanggup menambahkan formulir kontak yang sama pada halaman terpisah dan menyesuaikannya jikalau Anda ingin. (Baca: Memindahkan Widget Contact Form ke Halaman Blogger).

Menambahkan formulir kontak untuk Blogger kini sangat mudah. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda dalam menambahkan formulir kontak sebagai widget sidebar.

Namun sebelum menambahkan kontak form ini, banyak blogger yang bertanya. Untuk apa?

Sebenarnya pertanyaan diatas sangat gampang dijawab. Karena dengan widger kontak form ini, pengunjung sanggup dengan gampang mengirimkan pesan kepada Anda eksklusif dari blog.

Anda tidak perlu mengungkapkan alamat email ke web untuk menyediakan pengguna dengan pilihan untuk menghubungi Anda.

Jika suka mendapatkan saran, pertanyaan atau balasan lain dari pengguna atau pengunjung, ini ialah pilihan tepat. Karena sangat gampang dan tidak memerlukan isyarat pihak ke-3 yang akan ditambahkan ke blog. Hebat bukan!

Cara Menambahkan Widget Contact Form di Sidebar Blogger

  • Login ke Dashboard Blogger Anda
  • Klik Layout atau Tata Letak
  • Klik Tambahkan Gadget di bab Sidebar kemudian pilih Gadget Lainnya dan tambahkan Formulir Kontak. 
  • Setelah itu akan muncul halaman konfigurasi. Silahkan ganti nama widget tersebut sesuai harapan kemudian klik Simpan. 

Setelah ditambahkan, pada laman blog Anda niscaya akan muncul lembar formulir. Lembar formulir itu mempunyai form input menyerupai berikut:

  1. Nama – Nama pembaca yang mengirimkan pesan
  2. Email * – Alamat email pembaca yang mengirimkan pesan. (Wajib)
  3. Pesan * – Pesan yang pembaca ingin mengirimkan kepada Anda. (Wajib)
Baca Juga  Cara Konfirmasi Ribuan Undangan Pertemanan Di Facebook Dlm Beberapa Detik Saja

Bentuk Contact Form ini mempunyai validasi yang akurat dan dijamin tidak akan meleset dari alamat email yang dituju. Meskipun secara bentuk tidak mempunyai validasi captcha, namun kemungkinan besar form ini tidak akan diserang oleh spam bots sebagai tombol kirim yang dipicu oleh JavaScript.

Ketika pembaca mengirim pesan melalui form kontak, Anda akan mendapatkan eksklusif di kotak masuk email Anda. Salinan pesan ini akan dikirim ke setiap pengguna admin blog, jikalau Anda mengelo blog lebih dari satu email.

Sebagai contoh, berikut ialah pesan uji coba yang dilakukan bloGoooblok

Anda sanggup eksklusif membalas kembali pesan itu ke pengirim dari email Anda. Formulir ini juga sanggup diubah tampilan dan nuansanya dari bentuk kontak dengan mengubah gaya CSS.

Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut ihwal cara menambahkan formulir kontak ini, silahkan beritahu dan kami akan dengan bahagia hati membantu. Anda sanggup menghubungi kami melalui komentar atau laman Hubungi Kami.

Selamat!

Posted in: