Mengenal Bab Pengaturan Komentar Di Blogspot

Bagian pengaturan komentar di blogspot intinya tidak terlepas dari bab pengaturan postingan yang ulasannya telah kita bahas sebelumnya. (Baca: Mengenal Bagian Pengaturan Postingan pada Blogger).

Untuk menjangkaunya pun sama dengan langkah yang dilakukan sebelumnya. Pertama-tama, untuk mengkonfigurasi pengaturan komentar, Anda harus login ke dashboard. Lalu klik Pengaturan dan pilih Pos dan komentar halaman.

Pengaturan Komentar

Ada beberapa pengaturan dasar yang sanggup dilakukan untuk mengkonfigurasi kolom komentar pada blogspot. Dalam tutorial ini, kita akan membahasnya satu-persatu dengan rinci dan runut supaya semua pembaca sanggup paham dan tahu harus melaksanakan apa di pengaturan komentar.

Lokasi Komentar
Pilihan ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan cara kolom komentar muncul untuk pengunjung Anda. Setidaknya ada empat pilihan yang disediakan.

  • Tersemat. Jika dipilih maka kolom komentar akan ditampilkan di bawah artikel Anda (atau daerah lainnya, tergantung pada desain template), berarti ketika Anda melihat artikel Anda, Anda akan melihat formulir komentar juga.
  • Halaman Penuh. Jika dipilih, Blogger akan menampilkan link ke pengguna dan ketika mereka mengklik link yang jendela penuh gres akan ditampilkan dengan bentuk komentar dan mereka sanggup menawarkan komentar mereka di sana.
  • Jendela Munculan. Jika dipilih, kolom komentar akan muncul pada halaman lain yang kehadirannya gres ketika diklik oleh pengunjung. 
  • Sembunyikan. Jika dipilih, kolom komentar akan disembunyikan. Tidak hanya bentuk komentar tetapi juga semua komentar yang diterbitkan akan disembunyikan (tidak dihapus setiap hal). Anda sanggup menampilkan komentar Anda lagi setiap ketika dengan menentukan pilihan lain.

(Baca: Cara Menghilangkan Kolom Komentar Pada Halaman Blogspot)

Siapa yang sanggup mengomentari?
Ada empat opsi yang disediakan. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur izin untuk siapa saja yang sanggup berkomentar di blog Anda.

Pilihan pertama, semua orang sanggup berkomentar termasuk pengguna tanpa nama. Hanya saja pilihan pertama ini riskan, alasannya yaitu kadang banyak spam. Kedua, pengguna terdaftar, salah satunya OpenID. Ketiga, pengguna dengan akun Google dan terakhir hanya anggota blog ini. Sangat disarankan untuk menentukan opsi kedua.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Https Blog Yang Custom Domain

Moderasi Komentar
Pilihan ini menawarkan cara untuk memoderasi komentar pengunjung Anda.

  • Jika menentukan Selalu, maka semua komentar gres akan dipindahkan ke Komentar dibagian Dasboard dan menunggu moderasi Anda. Anda harus menyetujuinya satu per satu secara manual. 
  • Jika menentukan Kadang-kadang, Anda akan diminta memberi batas hari sehabis postingan diterbitkan. Defaulnya hanya 14 hari, namun Anda sanggup merubahnya. Misalnya, Anda menetapkan 14 hari, semua komentar yang diterbitkan dari pertama hingga hari ke-14 sehabis posting diterbitkan akan disetujui secara otomatis. Setelah hari ke-14, semua komentar gres pada posting yang akan dipindahkan ke Komentar / Menunggu moderasi dan menunggu moderasi manual. Pilihan ini baik untuk mendorong pembaca Anda meninggalkan komentar mereka untuk posting gres Anda. 
  • Pilihan terakhir yaitu Tidak Pernah. Jika ini dipilih, semua komentar gres akan disetujui secara otomatis.

(Baca: Cara Menampilkan Kolom Komentar Google+)

Tampilkan verifikasi kata
Pengaturan ini yaitu upaya Blogger untuk melindungi penggunanya dari praktek spam.

Jika menentukan Ya artinya, maka ketika pengunjung Anda mempublikasikan komentar mereka, Blogger akan menampilkan formulir untuk meminta mereka memverifikasi bahwa mereka bukan robot.

Tampilkan Tautan Balik
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk melacak halaman lain di web yang link ke posting Anda ketika dipilih Tampilkan. Soal tautan balik atau backlink ini akan kita bahas lebih jauh ditutorial terpisah.

Pesan Formulir Komentar
Pilihan ini memungkinkan Anda memperlihatkan beberapa pesan bagi pengunjung Anda sebelum mereka menawarkan komentar. Biasanya memakai sebagai peringatan dan hukum bagi pengunjung ketika mereka mengomentari postingan Anda. Klik Add untuk memperlihatkan kolom input.

Pada kolom ini, Anda sanggup memasukkan teks atau instruksi HTML yang akan ditampilkan di pesan. Klik Hapus jikalau Anda ingin menghapus pesan yang ada.

Jika Anda memasukkan pesan, maka pesan itu akan ditampilkan akrab formulir komentar. Tapi ini tergantung pada desain template Anda, jikalau template Anda tidak mendukung komentar, maka Anda tidak akan melihat pesan teks ini.

Harus diingat, setiap kali Anda mengubah atau masukan apa pun di halaman ini, Anda harus mengklik Simpan. Tombol ini berada di sudut kanan atas layar dan berwarna orange untuk menerapkan semua perubahan. Hanya admin blog sanggup mengakses pengaturan ini.

Baca Juga  HIDUP LEBIH MUDAH DENGAN TEKNOLOGI

(Baca: Cara Praktis Memasang Kolom Komentar Disqus di Blogspot)

Happy Blogging…

Posted in: