Mengenal Mail Server Web Hosting

mail server web hosting

apa itu mail server web hosting

Jika anda adalah seseorang yang akan membangaun sebuah website, maka anda harus mengetahui segala sesuatu tantang server termasuk mail server, apakah anda tau tentang mail server, jika anda tidak tau silahkan baca artikel ini.

Mail server adalah program daemon yang bekerja menampung dan mendistribusikan email dalam suatu jaringan. Protokol yang umum digunakan antara lain protokol SMTP, POP3 dan IMAP. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email, sedangkan POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shelll mesin mail server tetapi cukup menguhubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.

Sejarah mail server yaitu sebelumnya dikenal sebagai VMailer dan IBM Secure Mailer, itu pada awalnya ditulis oleh Wietse Venema selama tinggal di IBM Thomas J. Watson Research Center, dan terus dikembangkan secara aktif hari ini. Postfix pertama kali dirilis pada pertengahan tahun 1999.

Memanfaatkan mail Server tentunya dapat mempemudah aktifitas bertukar informasi Anda, karena dengan menggunakan mail server dapat mengirimkan informasi email lebih tertarget. Disamping itu juga, mail server akan kelihatan lebih profesional karena menggunakan domain email sendiri.

Terimakasih telah meluangkan weaktu anda untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kehiduan anda..

Baca Juga  Cara Sinkronisasi Dua Folder Secara Real Time Di Windows

Tinggalkan Balasan