Menyorot Data di Webmaster Tools

Penyorot Data

Penyorot Data adalah alat webmaster untuk mengajarkan tentang pola data yang terkait dengan acara di situs web Anda kepada Google. Anda cukup menggunakan Penyorot Data untuk memberi tag pada bidang data di situs Anda dengan mouse. Lalu Google dapat menyajikan data Anda dengan lebih menarik — dan dengan cara baru — dalam hasil penelusuran serta dalam produk lain seperti Grafik Pengetahuan Google.

Misalnya, jika situs Anda berisi cantuman acara, Anda dapat menggunakan Penyorot Data untuk memberi tag pada data (nama, lokasi, tanggal, dan sebagainya) untuk acara di situs Anda. Saat Google merayapi situs Anda di lain waktu, data acara akan tersedia untuk cuplikan kaya di laman hasil penelusuran:

Rich snippet for a page with multiple events.

Perlu diingat bahwa Penyorot Data hanya dapat mengakses laman yang baru-baru ini dirayapi oleh Google. Jika Google belum atau tidak dapat merayapi beberapa laman Anda, seperti laman di belakang formulir masuk, Anda tidak dapat menggunakan Penyorot Data untuk laman tersebut.

Jenis data yang didukung

Anda dapat menggunakan Penyorot Data untuk memberi tahu Google tentang jenis data berikut di situs:

  • Artikel
  • Acara
  • Bisnis Lokal
  • Restoran
  • Produk
  • Aplikasi Perangkat Lunak
  • Film
  • Episode TV
  • Buku

Mengelola laman menjadi kumpulan laman

Untuk memberi tahu Penyorot Data tentang laman mana di situs Anda yang berisi data, Anda dapat membuat satu atau beberapa kumpulan laman. Kumpulan laman adalah koleksi laman di situs yang menampilkan data secara konsisten (kemungkinan dibuat dari template yang sama) dan dikelola sehingga URL-nya mengikuti pola yang sederhana. Penyorot Data hanya akan memberi tahu Google tentang laman yang ada di kumpulan laman.

Baca Juga  Meningkatkan Trafik Blog Dalam Waktu 1 Jam/Hari

Penyorot Data tidak mengajarkan tentang laman yang telah berisi markup HTML yang menentukan struktur data kepada Google. Anda masih tetap dapat menggunakan Penyorot Data jika beberapa laman di situs telah berisi markup HTML, namun Penyorot Data hanya akan mengajarkan tentang laman tanpa markup tersebut kepada Google.

Jika situs Anda mengelola data dengan cara yang berbeda (misalnya menggunakan template yang berbeda untuk acara pidato dan musik), Anda dapat membuat kumpulan laman untuk tiap pengelolaan.

Contohnya, perhatikan situs yang berisi informasi acara pidato dan musik pada laman berikut:

  • www.example.com/events/music/pop/pop-music.html
  • www.example.com/events/music/classical/classical-music.html
  • www.example.com/events-speaking/europe/europe-reviews.html
  • www.example.com/events-speaking/asia/asia-reviews.html

Laman satu dan dua dapat berada dalam satu kumpulan laman karena keduanya mendeskripsikan acara musik dan URL-nya mengikuti pola yang sederhana: www.example.com/events/music/*/* (yang mana setiap * merupakan pengganti untuk satu komponen URL).

Begitu juga laman tiga dan empat, keduanya dapat berada dalam satu kumpulan laman yang lain karena mendeskripsikan acara pidato dan URL-nya diikuti pola sederhana: www.example.com/events-speaking/*/*

Mendeteksi perubahan dalam kumpulan laman

Setiap kali Google merayapi laman di situs Anda, Penyorot Data mengekstrak data dan menyediakan data untuk cuplikan kaya. Jika Anda melakukan perubahan yang signifikan pada cara laman menampilkan informasi atau pada URL situs, Anda harus menghapus kelompok laman asli dan memberi tahu Penyorot Data tentang struktur situs yang baru.

Siap untuk memulai?

Untuk mulai menggunakan Penyorot Data, buat kelompok laman.

Posted in:

One Comment

  1. so i just got notice of audit from the IRS (2006)? wife and i were both w2 employees and had her accounting firm do the return. are we really what they are looking for? wtf!i should attach a nice little note to the paper work they are resuiqteng.

Tinggalkan Balasan