Metode Transportasi Programming

METODE TRANSPORTASI

  • Pendahuluan
  1. Metode transportasi adalah bentuk khusus dan linear programming.
  2. Metode transportasi digunakan untuk meminumkan biaya transportasi dari sejumlah sumber (source) ke sejumlah tujuan (destination), biasanya kapasitas sumber dan tujuan terbatas atau telah ditentukan.
  3. Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1941 dalam The Distribution of a Product from Several Source to Numerous Localities ditulis oleh F.I. Hitchock.  Enam tahun kemudian T.C. Koopmans memperkenalkan Optimum Utilization of Transportation System.  Pada tahun 1953 A. Charnes and WW Cooper mengembangkan Stepping Stone Method.  Kemudian Modified Distribution (MODI) Method dengan pendekatan terkomputerisasi mulai dibuat tahun 1955.
  • Identifikasi Masalah Transportasi

Sebagai contoh kasus adalah Executive Furniture Corporation yang memiliki 3 pabrik meja yang didistribusikan di 3 daerah tujuan, dengan kapasitas pabrik dan pasar yang terbatas.  Biaya produksi di masing-masing pabrik adalah terbatas sehingga biaya yang relevan adalah biaya transportasi dari sumber ke tujuan.  Tujuan dari model ini adalah bagaimana memilih rute transportasi untuk meminimumkan biaya.
Tahap pertama adalah membuat tabel transportasi,  pembuatan tabel ini bertujuan agar penyelesaian model transportasi dapat lebih efisien.  Semua data dimasukkan dalam tabel ini yakni kendala kapasitas pabrik, kendala tempat tujuan, maupun biaya per unit barang.  Pembuatan tabel ini sepertihalnya membuat tabel simpleks dalam linear programming.
Pada kasus dalam Executive Furniture Corporation ini kebetulan terjadi keseimbangan antara permintaan dan penawaran  yang dapat dicerminkan pada tabel transportasi Executive Furniture Corporation .

Tabel Transportasi Executive Furniture Corporation
Dari/ Kepada Gudang Atlanta Gudang Boston Gudang Chicago Kapasitas Pabrik
Pabrik Des moines $5 $4 $3 100
Pabrik Evanaville $8 $4 $3 300
Pabrik Fordale $9 $7 $5 300
Kebutuhan Gudang 300 200 200 700

Baca Juga  Promo Jasa Pembuatan Website

  • Menentukan Feasible Solution Dengan Metode Northwest Corner Rule ; Pojok Kiri Atas Pojok Kanan Bawah. Untuk menemukan feasible solution diperlukan 5 tahap.

  1. Dimulai dari pojok  kiri atas, kita mengalokasikan 100 unit dari Des Moines ke Atlanta, disini seluruh kapasitas Des Moines habis akan tetapi kebutuhan di Atlanta masih kurang sebesar 200 unit.  Pindahlah ke baris berikutnya pada kolom yang sama.
  2. Alokasikan 200 unit dari Evansville ke Atlanta.  Total kebutuhan di Atlanta sebanyak 300 unit menjadi terpenuhi.  Sementara di Evansville masih tersedia sebesar 100 unit, kita pindah ke kolom di sebelah kanannya yang masih pada baris yang sama.
  3. Alokasikan 100 unit dari Evansville ke Boston. Persediaan dari Evansville  habis tapi Boston masih kekurangan sebanyak 100 unit maka pindahlah turun pada kolom yang sama baris berikutnya.
  4. Alokasikan 100 unit dari Fortdale ke Boston, Permintaan di Boston sebanyak 100 unit terpenuhi, tetapi kapasitas di Fortdale masih 200 yang belum dialokasikan
  5. Alokasikan kapasitas di Fortdale sebesar 200 unit pada Chicago karena kapasitas produksi Fortdale sama dengan kebutuhan gudang di Chicago.

Tinggalkan Balasan