Prosedur Pengiriman Data

Pengiriman Data atau Data Transfer

PROSEDUR PENGIRIMAN DATA

10.1   Peranan Lapisan Data Link

Untuk membangun hubungan antara 2 terminal dalam satu jaringan, lapisan Data Link memiliki peran yang sangat besar. Lapisan ini bertanggunga jawab dalam prosedur pengiriman data seperti :

  1. Membangun hubungan dan mentransmisikan data
  2. Pada sisi pengirim, lapisan ini memecah data menjadi frame-frame tertentu yang dilengkapi dengan bit-bit alamat pengirim dan penerima. Pada sisi penerima, berfungsi untuk menggabungakan bit-bit yang diterima.

10.2   Paket Data

Pada saat data akan ditransmisikan, maka data akan dibagi menjadi paket-paket yang kecil. Hal ini dilakukan karena :

  1. Jaringan tertentu hanya dapat menerima paket dengan ukuran tertentu
  2. Jenis flow control (pengatur perjalanan data) tertentu akan efisien jika berita yang dikirim dibagi dalam paket-paket yang kecil.

10.3   Prosedur Membangun Data

Keterangan :

  1. Terminal pengirim mengirimkan paket permintaan hubungan (call request).
  2. Terminal penerima dapat menolak panggilan ini dengan mengirimkan paket penolakan (clear request) atau menerimanya dengan mengirimkan paket call accepted.
  3. Dengan diterimanya paket call accepted, paket data dapat dikirimkan.
  4. Jika ada kesalahan dalam pengiriman data, maka penerima akan mengirim paket NACK, tetapi jika tidak ada kesalahan, maka penerima akan mengirimkan paket ACK.
  5. Jika ada terminal yang mengakhiri hubungan, maka terminal tersebut akan mengirimkan paket clear request dan terminal yang menerima pesan tersebut akan mengirimkan paket balasan konfirmasi pemutusan hubungan (clear confirmation).
Baca Juga  Cara Menyambungkan Domain Dengan Web Hostig atau Blog

Tinggalkan Balasan