Teknologi Ancam Kesehatan Fisik

Kecanduan gadget merupakan istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak pernah bisa lepas dari memegang gawai atau smartphone. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu lama bermain gadget bisa mempengaruhi kesehatan Anda?

Apa saja gangguan kesehatan yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Penuaan dini

Jika tablet Anda tidak memiliki layar LCD atau LED, sinar UV bisa memantul saat Anda berada di luar ruangan. Ini bisa menyebabkan kulit Anda terbakar dan penuaan dini, kata asisten profesor dermatologi Mount Sinai Medical Center Manhattan, Joshua Zeichner.

2. Penglihatan memburuk

Menatap terlalu lama layar smartphone, laptop atau komputer menyebabkan mata stres atau tegang sehingga bisa memperburuk penglihatan Anda. Cobalah untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik setelah 20 menit melihat layar dan pandang sesuatu dengan jarak 20 meter.

3. Kesepian

Setop melihat sosial media Anda sejenak. Seperti dikutip laman Goodhousekeeping, Selasa (13/9/2016) terus menerus melihat status Facebook bisa membuat Anda kesepian. Sebuah studi menunjukkan bahwa kesepian membuat Anda terus melihat akun Facebook. Cobalah untuk keluar ke “dunia nyata” dengan bertemu teman-teman secara langsung.

4. Nyeri leher

Rata-rata Anda menghabiskan dua sampai empat jam sehari untuk membungkuk dan melihat layar smartphone atau laptop. Menurut Scott Bautch, Ketua Dewan American Chiropractic Association’s Council in Occupational Health, hal tersebut bisa menyebabkan beberapa efek yang dahsyat seperti nyeri leher, peradangan tendon, penuaan dan degenerasi.

Cobalah pastikan layar monitor setara dengan pandangan mata sehingga Anda sejajar menatap layar untuk meredakan ketegangan leher. Selain itu, Anda bisa secara berkala memiringkan leher ke kanan dan kiri untuk meredakan ketegangan pada bagian leher. 

Baca Juga  Cara Edit Video Di Hp Android Dg Videoshow (Fiturnya Lengkap&Gratis)

Tinggalkan Balasan