Ulasan Hosting24 Yang Turut Meramaikan Web Hosting Indonesia

Mungkin sebab pasar internet di Indonesia terus tumbuh saban hari, banyak juga penyedia web hosting dunia yang melebarkan sayapnya ke nusantara ini. Salah satu yang gres saja melantai ialah Hosting24.com. Mereka sekarang bisa diakses di alamat https://id.hosting24.com.

Bagi sebagian orang, mungkin belum familiar dengan merk ini. Tapi Hosting24 bukanlah pemain baru. Masih satu rumah dengan Hostinger Internasional, Hosting24 bahkan lebih awal lahir sebelum layanan lainnya muncul. Sejak 2008 web hosting ini mengudara dan gres April 2018 ini masuk ke Indonesia.

Mengingat usianya yang cukup matang, tentu layanan ini punya keunggulan sebab masih bisa bertahan. Salah satu indikator untuk melihat seberapa berkualitas layanan web hosting yakni melihat rekam jejak dan usianya. Karena sudah niscaya mereka tidak ditinggalkan pengguna.

Sebelum bicara lebih jauh wacana Hosting24, sedikit citra kalau layanan ini menerima rating 8.3 oleh penggunanya menyerupai dikutip dari Hostadvice. Terus terang, saya belum memakai layanan mereka, namun dengan sedikit eksperimen ada beberapa hal menarik untuk ditulis.

1. Seluruh Paketnya Menggunakan cPanel Hosting

Dibandingkan dengan layanan satu grupnya, Hosting24 menentukan jalur yang berbeda. Tidak heran ada kata-kata premium sebagai jualannya. Karena mereka menambahkan paket pribadi dengan cPanel. Bagi yang sudah tak asing memakai layanan Hostinger niscaya dekat dengan istilah hPanel.

hPanel merupakan alat khusus yang disediakan sebagai kontrol panel pengganti cPanel. Jika mau jujur, hPanel lah yang mengakibatkan layanan Hostinger dan grupnya lebih murah dari yang lain. Namun khusus Hosting24, mereka telah menyediakan paket ini langsung.

Bagi yang telah dekat dengan dunia web hosting, sudah barang niscaya mengenal cPanel. Layanan ini merupakan kontrol panel yang paling banyak dipakai webmaster. Kemudahannya melaksanakan transfer otomatis jikalau kedepannya hendak pindah hosting jadi salah satu keunggulan.

Kalau saya harus dipaksa memilih, tentu akan mencari layanan web hosting murah dengan paket cPanel langsung. Mungkin sebab sudah terbiasa menggunakannya. Meski begitu, hPanel juga tidak selamanya sulit, hanya memang perlu ketelitian khusus.

2. Menerapkan Teknologi Cloud SMTP Delivery

Jika Anda berniat membangun website secara profesional, tentu hal kecil semisal email pribadi juga diperhatikan. Bukan berarti layanan gratis menyerupai Gmail, Hotmail dan lain-lainnya kurang profesional, namun dalam dunia bisnis lebih elegan kalau memakai email pribadi.

Jika memakai layanan Hosting24, paket email ini bisa dikonfigurasi memakai Cloud SMTP delivery. Teknologi ini memungkinkan email pribadi tidak masuk dalam blacklist yang malah menumpuk di spam. Hal ini penting sebab tidak sedikit email pribadi berakhir demikian.

Baca Juga  12 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Jadi Blogger

Teknologi Cloud SMTP delivery sudah ada dalam setiap paket yang dibeli. Walau tidak semua paket mempunyai susukan tak terbatas untuk menciptakan email. Pada paket web hosting single misalnya, pengguna hanya punya satu slot untuk menciptakan email pribadi.

Jika ada yang belum terlalu paham apa itu email pribadi, contohnya menyerupai wisa@blogooblok.com. Kalau email gratis, semisal gmail maka formatnya jadi wisa@gmail.com, kalau sudah tersedia biasanya memakai angka dibelakangnya. Kalau saya sih menentukan memakai email dengan nama domain sendiri. Lebih kece.

3. Semua Paketnya Menyertakan SSL

SSL (Secure Sockets Layer) untuk dikala ini tampaknya jadi barang wajib untuk setiap website. Banyaknya tangan-tangan jahil di internet menciptakan keamanan jadi lebih penting. SSL merupakan kelanjutan dari protokol kriptografi terdahulu yang menjamin komunikasi lebih aman.

Meski gratis, namun tetap ada syaratnya jikalau ingin memakai ini di Hosting24. Harus membeli salah satu paketnya dengan pembayaran minimal setahun. Tapi ini bukan kasus besar, sebab rata-rata orang akan membeli paket setahun untuk menerima harga lebih murah.

Mungkin ada yang bertanya, untuk apa bekerjsama SSL kalau toh semua website tanpa SSL juga bisa diakses. Selain untuk keamanan, akta SSL ini juga membantu melancarkan Search engine optimization (SEO). Apalagi jikalau website yang kita kembangkan akan turut bersaing di mesin pencari.

4. Jaminan Server Yang Aman

Terus terang, sebab belum mencoba layanan Hosting24, jadi kemungkinan ulasan ini berdasarkan promo mereka. Di websitenya, mereka menulis mempunyai server teraman dan andal. Setiap website yang dibentuk dengan layanan mereka diberi proteksi firewall tingkat lanjut sampai custom security software.

Untuk membicarakan server Hosting24, saya mengutip ulasan dari hosting.review yang telah mengikuti perkembangan Hosting24 untuk beberapa lama. Dalam satu ulasannya mereka menyatakan ada peningkatan kecepatan pada server Hosting24.

Capture by Hosting Review

Dalam uji coba yang dilakukan, server Hosting24 mencapai kecepatan 230 md. Ini merupakan angka yang menjanjikan dan lebih baik. Ada catatan khusus Paul Mahony dikala menulis review mereka 15 April 2018 lalu, bahwa Hosing24 kesudahannya memperbaiki kelemahan terbesar mereka selama ini. Yakni di kecepatan dan itu sudah terbantahkan.

Untuk pasar Indonesia, Hosting24 memang belum mempunyai server di Indonesia namun bisa memakai lokasi terdekat yakni di Singapura. Memilih penempatan lokasi akan menguntungkan jikalau pasar website yang kita sasar ialah di dalam negeri.

Sejauh ini saya menganggap komitmen dan promosi mereka cukup menjanjikan, apalagi telah diulas oleh pihak-pihak yang independen. Great!.

Baca Juga  Menguji Ketangguhan Hostinger Indonesia

5. Bantuan 24 Jam Sesuai Namanya

Entah apa alasan mereka memberi nama Hosting24 untuk mereknya. Tapi kemungkinan besar sebab kesigapan layanan bantuannya, selama 24 jam. Masuk nalar untuk ukuran hosting. Karena tidak semua bisa tanggap memberi pertolongan untuk hal-hal teknis.

Saya sudah mencoba sendiri bagaimana kesigapan mereka merespon bantuan. Saya tidak memakai chat, tapi pribadi ke mengisi form dan mereka membalas kurang dari tiga menit. Hanya saja, mungkin sebab sumber daya Customer Success belum banyak di Indonesia sehingga masih memakai bahasa Inggris.

Meski begitu, bukan hal sulit lagi berkomunikasi dengan perbedaan bahasa. Jika tidak fasih berbahasa asing kita bisa memakai Google Translate. Intinya saya mencicipi semangat profesionalme dan berdedikasi dalam layanan pertolongan mereka.

Pertanyaan teknis pun akan dijawab dengan baik. Bahkan jikalau mengalami kesulitan dalam membeli layakan mereka.

6. Diskonnya Banyak Bahkan Punya Layanan Gratis

Meski menjual paket premium dalam kelas menengah, layanan dan diskon Hosting24 patut dipertimbangkan. Dari tiga paket yang mereka miliki rata-rata menyertakan diskon yang banyak. Bahkan untuk paket web hosting premium mereka memberi diskon sampai 61%.

Saya membandingkan paket yang sama dalam grup mereka, dengan pelengkap kelebihan yang saya sebut di atas, Hosting24 masih lebih murah dari yang lain. Memang ada penambahan layanan jikalau hendak mempunyai keamanan tambahan, namun itu bisa dihilangkan.

Selain bertaburan diskon di setiap paketnya, mereka juga menyertakan layanan hosting gratis. Sebagai grup Hostinger Internasional, menyerupai memang bukan hal absurd jikalau hal ini ada. Layanan ini dulunya dan awal berdirinya memang merupakan hosting gratisan.

Bagi yang berminat, bisa mengunjungi laman berikut. Kalian tinggal mendaftar dan akan diarahkan ke 000webhost.com. Buat yang mau coba-coba memakai web hosting namun belum mempunyai kesanggupan dana, tidak ada salahnya menempuh jalan tersebut.

7. Produk Lain Yang Menggiurkan

Ini mungkin nyaris sama dengan penyedia web hosting kebanyakan. Selain share hosting yang dijual, tentu ada layanan khusus domain, meski dalam setiap paket akan menerima domain gratis. Begitu pula dengan website builder. Hosting24 juga menyediakan paket tersebut dan gratis.

Selain share hosting, unggulan Hosting24 juga dipaket VPS Hosting. Jika di share hosting hanya ada tiga paket, di VPS mereka punya delapan pilihan. Harga yang ditawarkan dengan kualitas VPS terbaik mulai dari Rp120.481 per bulan sampai Rp481.642 per bulan.

Baca Juga  10 Kata Yang Banyak Dicari Orang Indonesia Di Google

Mereka memakai Linux VPS hosting yang semua resource ada di tangan pengguna. Begitu pula pelengkap layanan backup penuh setiap minggunya. Sehingga kekhawatiran kehilangan file bisa diminimalisir. Bagi yang sudah terbiasa memakai VPS niscaya tahu apa saja kelebihan dibanding share hosting.

Hosting24 juga membuka layanan reseller hosting yang sudah didukung WHM dan cPanel. Ada dua paket reseller yang mereka tawarkan dengan diskon 28%. Bagi yang lihai berbisnis hosting, paket mereka bisa jadi salah satu pilihan sebab terjangkau dan mempunyai beberapa keunggulan.

Secara keseluruhan, saya jikalau diberi pilihan akan memakai layanan Hosting24. Selain dikarenakan telah banyak pihak yang menggunakannya di luar negeri, mereka juga perusahaan yang telah terusji waktu dan pasar. Salah satu indikator untuk menjatuhkan pilihan kepada mereka.

Namun begitu, ada dua kelemahan yang berdasarkan saya harus segera diperbaiki oleh Hosting24. Kelemahan ini khususnya sebab saya bicara atas dasar pasar Indonesia.

1. Mereka belum memakai mata uang rupiah untuk transaksi. Ditambah, sistem pembayarannya belum mendukung transfer bank. Makara ketika membeli paket mereka kita harus mengkonversi mata uang dari rupiah ke dollar. Begitu pula ketika melaksanakan pembayaran, harus pakai kartu kredit atau Paypal, meski juga ada pilihan Bitcoin dan beberapa layanan lain.

Bagi saya hal ini sedikit menghambat, meski paket mereka terjangkau dengan layanan premium. Namun akan mengalami kesulitan dikala transaksi. Saya rasa untuk pasar Indonesia, kegundahan serupa juga dialami banyak pihak. Utamanya jikalau Hosting24 hendak menyasar pasar menengah.

2. Belum tersedia domain .id. Hal ini penting dipertimbangkan di tengah kian populernya domain ini di Indonesia. Jika mereka memang serius menggarap pasar Indonesia, harusnya juga membuka pendaftaran untuk domain .id. Meski begitu harga domain mereka setidaknya cukup terjangkau.

Kedua hal yang saya jadikan catatan memang bukan kasus besar. Namun penting juga diperhatikan khususnya untuk pasar Indonesia. Tapi saya bahagia sebab layanan Hosting24 sudah menjajal pasar Indonesia yang dinamis dan terus berkembang. Semoga semakin kompetitif persaingan web hosting kedepannya sehingga pengguna punya banyak pilihan.

Cayo dan Salam Blogger!
 

Posted in: